visitaaponce.com

Pengasuhan Anak Jadi Tanggung Jawab Bersama Ibu dan Ayah

Pengasuhan Anak Jadi Tanggung Jawab Bersama Ibu dan Ayah
Para ayah menggendong anak masing-masing.(Ayomain)

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pribudiarta Nur Sitepu menegaskan bahwa pengasuhan dan pendidikan anak bukan semata tugas ibu. Itu juga menjadi tanggung jawab ayah sehingga harus dijalankan bersama-sama.

Ia juga menekankan pentingnya kesehatan mental orangtua, baik ibu maupun ayah, untuk bisa memberikan pola asuh dan didik yang baik dan penuh cinta.
 
"Orangtua, terutama ibu, harus merasa bahagia karena itu sangat berpengaruh pada ASI yang dihasilkan," ujar Pribudiarta di Jakarta, Selasa (15/8).

Baca juga: Bangun Pola Asuh SIGAP untuk Generasi Anak Berprestasi

Ia juga menyinggung kewajiban dasar yang harus tersedia bagi anak supaya  bisa tumbuh sehat dan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Stidaknya, ada empat hak dasar anak yang harus dipenuhi, yakni hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.

"Semua pemenuhan hak anak ini perlu diperjuangkan. Berbicara SDM berkualitas, isu terkait kesehatan dan perlindungan anak yang dijamin menjadi syarat penting," tuturnya.

Baca juga: Saat Golden Age, Anak Butuh Dukungan Orangtua dan Kenyamanan

Pribudiarta kemudian mengatakan ada beberapa isu terkait kesehatan anak yang bisa menjadi masalah ketika tumbuh dewasa, antara lain rokok dan narkoba, malnutrisi atau kekurangan gizi, kesehatan mental, penyakit menular dan tidak menular serta kekerasan terhadap anak.

Terkait rokok, Ketua Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia Aryana Satrya mengatakan saat ini di Indonesia terjadi peningkatan prevalensi merokok untuk anak.
Selain itu, lebih dari 60% anak yang berusaha berhenti merokok ternyata mengalami kekambuhan.

"Stunting terutama pada keluarga miskin dan mereka banyak mengeluarkan konsumsinya untuk rokok. Selain itu peran teman sebaya dan harga menjadi sangat mempengaruhi anak dalam konsumsi rokok," jelasnya. (Ant/Z-11) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat