visitaaponce.com

Aktivis Walhi Jakarta Nilai Penindakan terhadap Industri Penyebab Polusi Masih Lemah

Aktivis Walhi Jakarta Nilai Penindakan terhadap Industri Penyebab Polusi Masih Lemah
Polusi udara di Jakarta(MI/Usman Iskandar )

AKTIVIS Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta, Muhammad Aminullah mengatakan bahwa ada berbagai penyebab faktor polusi udara yang saat ini menjadi permasalahan di DKI Jakarta.

"Mulai dari industri manufaktur saja misalnya, ada sekitar 1.600 industri, pengawasan dan penindakannya sampai saat ini masih lemah, jadi rasionya belum seimbang. Industri yang ditertibkan saja kan baru beberapa, di transportasi pun begitu," katanya saat dihubungi pada Kamis (31/8).

Selain itu, menurutnya polusi udara juga adalah persoalan struktural, ada permasalahan kompleks di dalamnya dan solusinya tidak bisa dengan penindakan individu.

Baca juga: Aktivis: Penanganan Polusi Jangan Hanya Pencitraan untuk KTT ASEAN

"Misal transportasi, masalahnya karena angkutan umum belum memadai kebutuhan warga, karena tidak memadai warga akhirnya naik kendaraan pribadi, harusnya diperbaiki dulu angkutan umumnya, baru lakukan pembatasan," tegas pria yang akrab disapa Anca itu.

Ia berpesan untuk sektor industri, pemerintah harus meningkatkan pengawasan dan penindadakan.

Baca juga: TMC Skala Mikro hingga Pajak Pencemaran Jadi Solusi KLHK untuk Tangani Polusi

"Kemudian hitung daya dukung daya tampung Jakarta, apakah masih sanggup menampung izin lingkungan baru, kalo sudah tidak, perlu diperketat mengenai penerbitan izin lingkungan baru, khususnya untuk industri," tandasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat