visitaaponce.com

Contoh Saran dalam Makalah dan Cara Membuatnya

Contoh Saran dalam Makalah dan Cara Membuatnya
Contoh dan cara membuat saran dalam makalah.(Freepik)

SARAN dalam sebuah makalah adalah bagian penting yang mengemukakan rekomendasi atau tindakan yang dapat diambil berdasarkan temuan atau analisis yang telah diuraikan dalam makalah tersebut. Saran biasanya ditempatkan di bagian kesimpulan dan memberikan panduan praktis atau pandangan penulis tentang tindakan yang sebaiknya diambil oleh pembaca atau pihak yang terkait dengan topik yang dibahas

Makalah adalah sebuah tulisan atau dokumen tertulis yang menggambarkan penelitian, analisis, atau pandangan tentang suatu topik atau masalah tertentu. Makalah dapat berupa karya ilmiah, esai, atau tulisan lain yang bersifat informatif dan mengikuti struktur tertentu. Makalah biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan informasi, pengetahuan, atau hasil penelitian kepada pembaca atau audiens tertentu.

Contoh Saran dalam Makalah

Baca juga: Ini Penjelasan Rumusan Masalah, Cara Membuat, dan Contohnya

  1. "Pada saat pembuatan makalah, penulis menyadari bahwa banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, penulis harapkan kritik dan sarannya mengenai pembahasan makalah dalam kesimpulan di atas."
  2. "Perlu adanya metode penilitian lebih lanjut akan upaya peningkatan diskusi terhadap pemuda sebagai satu di antara cara memaksimalkan potensi generasi dalam membentengi diri dari radikalisme agama yang berkembang."
  3. "Tentunya terhadap penulis sudah menyadari jika dalam penyusunan makalah di atas masih banyak ada kesalahan serta jauh dari kata sempurna. Adapun nantinya penulis akan segera melakukan perbaikan susunan makalah itu dengan menggunakan pedoman dari beberapa sumber dan kritik yang bisa membangun para pembaca."
  4. “Sarana prasarana merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah khususnya SMK. Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.”
  5. “Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan sarana prasarana pendidikan, maupun efektivitas proses pembelajaran agar hasil penelitianya dapat lebih baik lagi.”
  6. “Peneliti selanjutnya diharapkan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan dan pengumpulan data, sehingga penelitian bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.”
  7. “Hendaknya pada penelitian selanjutnya dapat memperdalam kembali mengenai faktor-faktor kebutuhan apa saja yang dibutuhkan kaum wanita berkaitan dengan kepuasan yang akan didapat setelah mengakses media online.”
  8. “Hendaknya para peneliti selanjutnya lebih mengembangkan ruang lingkup penelitian, mengingat penelitian yang dilaksanakan ini belum sepenuhnya bisa menggambarkan pemenuhan kepuasan yang diperoleh kaum wanita.”
  9. “Dalam proses pengumpulan data, hendaknya menggunakan teknik yang diperkirakan dapat lebih optimal dalam mendapatkan data yang diperlukan.”
  10. “Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat sebagai pedoman untuk menambah ilmu dan wawasan tentang kesehatan gigi dan mulut khususnya mengenai gambaran pengetahuan tentang karies gigi dan jumlah decay.”

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Penelitian dalam Karya Tulis

Cara Membuat 

1. Memperhatikan Jumlah Kata:

  • Perlu memperhatikan jumlah karakter minimal yang digunakan dalam pembuatan saran.
  • Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan antara bagian kesimpulan dan saran.
  • Batasan kata yang tepat dalam pembuatan saran yang efektif adalah lebih dari 200 kata.

2. Menyertakan Ungkapan Harapan:

  • Saat merumuskan saran, penting untuk mengungkapkan harapan kepada pembaca.
  • Terutama dengan menggunakan frase yang menarik seperti "karenanya" atau dengan menggunakan frasa "diharapkan oleh penulis...", dan sejenisnya.

3. Menawarkan Rekomendasi:

  • Dalam menyusun saran yang efektif, perlu memberikan rekomendasi terkait penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan metode yang digunakan.

4. Memberikan Solusi:

  • Selanjutnya, saran harus mencakup solusi sehingga memudahkan pembaca dalam memperbaiki makalah tersebut.

Semoga bermanfaat! (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat