visitaaponce.com

FKDK Universitas Budi Luhur Beri Kesempatan Lulus lewat Jalur Artikel Ilmiah

FKDK Universitas Budi Luhur Beri Kesempatan Lulus lewat Jalur Artikel Ilmiah
Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif UBL memberikan kesempatan untuk jadi seorang sarjana (S1), jalur artikel ilmiah bisa jadi tugas akhir.(Ist)

KINI untuk jadi seorang sarjana (S1), jalur artikel ilmiah bisa jadi tugas akhir (TA) sehingga tak harus berupa skripsi. Terobosan tersebut dilakukan Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif (FKDK) Universitas Budi Luhur (UBL) dalam sidang tugas akhir (TA) akhir Juli dan awal Agustus 2023.

Menurut Dekan FKDK UBL Jakarta Rocky Prasetyo Jati, dengan cara ini mahasiswa FKDK dapat memilih tugas akhir jalur artikel ilmiah sebagai syarat kelulusan.

Baca juga: Di Usia Ke-44, Universitas Budi Luhur Ingin Menebar Aroma Mendunia

Mereka dapat mengajukan artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal yang direkomendasikan program studi atau fakultas.

“FKDK menawarkan berbagai pilihan tugas akhir kepada mahasiswa. Antara lain skripsi berupa kajian bidang komunikasi."

"Bisa juga berupa tugas akhir berbasiskan luaran seperti penciptaan karya, tugas akhir jalur program kolaborasi antar konsentrasi atau program studi, laporan magang, dan artikel ilmiah,” jelas Rocky dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/8).

Ia melanjutkan fakultas berkomitmen memberikan berbagai pilihan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mereka. Ini sejalan dengan prinsip Tridharma pendidikan tinggi dari Kemendikbudristek.

Pada semester genap 2022-2023, tiga mahasiswa lolos untuk tugas akhir melalui jalur artikel ilmiah.

Mereka yakni Hadinda Maharani Sekar Putri, Ambareta Imulia, dan Nabila Zalfa Naurah, dengan pembimbing tugas akhir yakni, Nawiroh Vera dan Rachmi Kurnia Siregar.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Gelar Charity Music Concert 2023, Ajak Generasi Muda Beramal

Artikel mereka berhasil dipublikasikan melalui jurnal ilmu komunikasi nasional dan internasional. Sesi ujian mereka berjalan lancar sekitar 1-2 jam dan dibagi tiga tahap yakni presentasi, diskusi, dan penilaian akhir.

"Kami berharap beragam pilihan tugas akhir akan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengekspresikan diri dan menciptakan rancangan tugas akhir yang sesuai aspirasi mereka."

"Pada masa mendatang diharapkan lebih banyak lagi mahasiswa cerdas dan berbudiluhur serta siap kreatif untuk memilih jenis tugas akhir selain skripsi agar warna akademik mereka semakin beragam," ujar Rocky.

FKDK, menurut Rocky, berupaya menciptakan lingkungan akademis yakni mahasiswa bisa menggali kreativitas, mengembangkan keterampilan riset, dan berkontribusi pada kemajuan bidang komunikasi.

Dengan berbagai jalur untuk menyelesaikan tugas akhir, FKDK berupaya membentuk lulusan berwawasan luas, dilengkapi dengan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk berkarier di masa depan. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat