visitaaponce.com

Peroleh Rp725,8 Miliar, Perpusnas Diminta DPR Maksimalkan Program Literasi

Peroleh Rp725,8 Miliar, Perpusnas Diminta DPR Maksimalkan Program Literasi
Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian dalam foto bersama usai memimpin Rapat Dengar Pendapat Perpusnas di Gedung DPR RI, Jakarta.(Ist/DPR)

BERDASARKAN Surat Pimpinan Badan Anggaran Nomor B/11091/AG.05.02/09/2023 tanggal 11 September 2023 perihal Penyampaian Hasil Pembahasan RUU APBN 2024, Komisi X DPR menyampaikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memperoleh pagu definitif tahun 2024 sebesar Rp725,8 miliar.

DPR berharap, dengan alokasi anggaran tersebut, program-program peningkatan literasi untuk generasi bangsa bisa dimanfaatkan dengan penuh.

Upaya ini penting dilakukan pada tahun mendatang agar minat baca di kalangan pemuda semakin menyebar dan meluas.

Baca juga: Perpusnas Tingkatkan Literasi Masyarakat demi Ciptakan SDM Unggul

Demikian pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR dengan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9).

“Kami yakini bahwa dengan anggaran yang ada yang sebesar Rp725 miliar ini, Pak Syarif dan kawan-kawan tetap mampu memanfaatkannya secara maksimal dan (memberikan) terobosan-terobosan maupun kinerja yang baik untuk meningkatkan literasi di masyarakat kita juga bisa menjadi contoh untuk gerakan perpustakaan di (berbagai) negara-negara,” ungkap Hetifah.

Baca juga: Perpusnas Perkenalkan Peran Perpustakaan dalam Masyarakat Inklusif di WLIC IFLA

Sebagai informasi, Perpusnas memperoleh pagu definitif tahun 2024 sebesar Rp725.830.194. Di mana, pagu tesebut akan dibagi untuk 5 (lima) unit kerja.

Perinciannya di antaranya, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi sebesar Rp144,79 miliar, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan sebesar Rp275,32 miliar, Sekretariat Utama sebesar Rp231,23 miliar, Unit Kerja Mandiri sebesar Rp46,21 miliar, beserta UPT Perpustakaan Bung Karno dan Bung Hatta sebesar Rp28,25 miliar. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat