visitaaponce.com

Baznas Gelar Program ToT bagi Pengajar Al-Quran Bahasa Isyarat

Baznas Gelar Program ToT bagi Pengajar Al-Qur'an Bahasa Isyarat
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memukul gong tanda dibukanya Rakornas Baznas RI 2023 di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (20/9).(DOK.BAZNASRI)

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program training of trainer (ToT) bagi pengajar Al-Qur'an bahasa isyarat. Peluncuran program yang diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini sekaligus menjadi pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023 di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (20/9).

Dalam pembukaan Rakornas 2023 tersebut juga ditampilkan kelompok paduan suara Teman Tuli yang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan bahasa isyarat.

Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan bahwa kelompok disabilitas perlu mendapatkan perhatian khusus. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut mereka diberi kesempatan untuk tampil. "Kami meluncurkan program ToT bagi para pengajar yang akan mengajari bahasa isyarat membaca Al-Qur'an. Tujuannya agar disabilitas tuli, yang jumlahnya lebih dari 2,5 juta orang ini, bisa membaca Al-Qur'an dengan bahasa isyarat," ujar Kiai Noor dalam keterangan yang diterima, Kamis (21/9).


Baca juga: Kalbis Institute Luluskan 361 Wisudawan Tahun Ini


Sementara itu, Ketua Asosiasi Tuli Muslim Indonesia (ATMI) Rama Syahti mengatakan, ia dan teman-teman tuli diundang tampil dalam acara ini dengan harapan bisa menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya bahasa isyarat.

"Kami ingin Baznas, pemerintah, dan juga masyarakat menyadari bahwa teman-teman tuli membutuhkan akses pada bahasa isyarat," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sangat mendukung program ToT pengajar Al-Qur'an bahasa isyarat yang diluncurkan Baznas dalam kesempatan Rakornas 2023 itu.

Mushaf Alquran bahasa isyarat diproduksi oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Balitbang Diklat Kementerian Agama. Mushaf ini bertujuan memberikan afirmasi layanan keagamaan kepada teman-teman tuli. Mushaf ini baru pertama kali di Indonesia, bahkan di dunia. 

Sebelumnya, LPMQ Kemenag juga telah mengeluarkan Mushaf Alquran Braile yang diperuntukkan bagi kelompok difabel netra. (RO/I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat