visitaaponce.com

Dirut BPJS Sebut, Per Agustus 2023, 95 Peserta Sudah Lunasi Iuran BPJS Kesehatan

Dirut BPJS Sebut, Per Agustus 2023, 95% Peserta Sudah Lunasi Iuran BPJS Kesehatan
Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti(ANTARA/Widodo S. Jusuf)

DIREKTUR Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyebut kepatuhan peserta membayar iuran BPJS semakin bagus.

"Dulu, sebelum 2021, collection rate kurang dari 70%, tahun 2022 sebesar 99%, tahun ini per Agustus 2023 sudah 95%-an. Kita upayakan untuk bisa naik," katanya saat dihubungi, Kamis (28/9).

Tapi di sisi lain, menurut Ghufron, memang ada masalah dengan kemampuan dan kemauan membayar (ability and willningness to pay) untuk beberapa kelompok masyarakat. Terutama kelompok PBI (Penerima Bantuan Iuran), peserta pekerja bukan penerima upah, atau sektor informal.

Baca juga: Langkah Promotif Preventif Diperkuat, DJS Kesehatan Terpantau Sehat

"Kalau peserta di atas PBI (Penerima Bantuan Iuran) tidak membayar iuran lebih dari satu bulan maka menunggak, kalau menunggak jadi tidak aktif, jika pas perlu perawatan di RS, maka tunggakan harus dilunasi dahulu," terangnya.

Ghufron menjelaskan beberapa hal pendekatan sudah dilakukan BPJS Kesehatan agar mendorong masyarakat membayar rutin iuran BPJS.

Baca juga: BPJS Kesehatan Siap Optimalkan Layanan Skrining Kesehatan Bagi Petugas KPPS

"Mulai dari sosialisasi dengan berbagai caranya, cek untuk keaktifannya, peringatan pakai WA blast, dengan aplikasi REHAB, inovasi pendanaan masyarakat peduli JKN, ada kader JKN, auto debet, mempermudah pembayaran dan lain-lain," tandasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat