visitaaponce.com

BPJS Kesehatan Kupang Dampingi Satlantas saat Uji Coba Pengurusan SIM

BPJS Kesehatan Kupang Dampingi Satlantas saat Uji Coba Pengurusan SIM
Ilustrasi tes kecakapan SIM(MI/Heri Susetyo)

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur mendampingi satuan lalu lintas (Satlantas) setempat saat uji coba implementasi Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 2 Tahun 2023.

Dalam Perpol tersebut disebutkan salah satu syarat pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah BPJS Kesehatan.

"Kami melakukan pendampingan pada layanan selama satu minggu sudah cukup, pendampingan oleh semua tim di kota dan kabupaten," kata Kabag Sumber Daya Manusia (SDM), Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Sakarias Rhewa saat Media Gathering, Rabu (19/6).

Baca juga : Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak dan Cara Mengaktifkan Kembali

Uji coba penerapan BPJS jadi syarat pengurusan SIM mulai 1 Juli-30 September 2024. Dia berharap tidak ada hambatan atau kendala selama masa uji coba tersebut. Tim dari BPJS akan menyiapkan data terkait dengan peserta kepada satuan lalu lintas. 

"Kapan saja dibutuhkan, kami akan memberikan informasi terkait masyarakat atau peserta yang mengurus SIM-nya," jelas Sakarias Rhewa.

Dia menegaskan, peserta yang masih menunggak iuran BPJS, tidak menghalanginya dalam proses penerbitan SIM, namun peserta dapat memanfaatkan layanan Rehab atau rencana pembayaran bertahap yang ada di akun mobile JKN.

Sakarias mengatakan,hal-hal krusial dalam masa persiapan uji coba ini mulai dari publikasi kepada masyarakat di daerah uji coba, kesiapan seluruh jajaran pelayanan SIM agar mengikuti alur penerbitan SIM, memastikan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) aktif, serta kesiapan sumber daya manusia, sarana dan akses untuk pengecekan status kepesertaan JKN.

Adapun evaluasi terhadap pelaksanaan uji coba ini mulai Oktober 2024 dan diberlakukan secara nasional mulai November 2024. (PO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat