visitaaponce.com

Kongres Bahasa Indonesia Digelar 26-29 Oktober, Angkat Isu Literasi Masyarakat

Kongres Bahasa Indonesia Digelar 26-29 Oktober, Angkat Isu Literasi Masyarakat
Kongres Bahasa Indonesia mengambil slogan Adibasa, Adiwangsa.(Kemendikbud)

KONGRES Bahasa Indonesia XII akan segera digelar pada 26-29 Oktober 2023 mendatang. Ketua Pelaksana Kongres Bahasa Indonesia XII Dora Amalia mengatakan bahwa Kongres Bahasa Indonesia tahun ini akan mengangkat isu utama terkait dengan literasi masyarakat.

“Isu utamanya adalah literasi dalam masyarakat yang berbineka budaya dan bahasanya untuk meningkatkan martabat bangsa,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (15/10).

Lebih lanjut, Dora menambahkan pihaknya menganggap bahwa semua golongan masyarakat memiliki hak yang sama dalam peningkatan literasinya. “Oleh sebab itu, dalam salah satu subtema kongres ada topik tentang bahasa daerah,” ujar Dora.

Baca juga : Adibasa, Adiwangsa Jadi Slogan Kongres Bahasa Indonesia

Selain itu, isu lain akan dieksplorasi adalah penginternasionalan bahasa Indonesia, salah satunya dengan program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

Terkait dengan bahasa daerah, Sekretaris Umum Perkumpulan Pendidik Bahasa Daerah Indonesia (PPBDI) Susi Budiwati mengatakan bahwa pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga : Kunjungi Pulau Penyengat, Wapres Ziarah ke Makam Bapak Bahasa

“Mari kita sama-sama mewariskan budaya dan bahasa daerah agar kekayaan bangsa Indonesia dapat tertransformasikan dengan baik,” tegas Susi.

Menurutnya, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang telah berlangsung di berbagai tingkatan pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendorong literasi bahasa daerah.

Sementara itu, Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Liliana Muliastuti menambahkan bahwa selain kepada masyarakat Indonesia, penguatan literasi juga perlu dilakukan terhadap para penutur asing. Hal ini sejalan dengan isu penginternasionalan bahasa Indonesia.

“Kami senantiasa melakukan beragam upaya dan strategi dalam penguatan literasi sekaligus menjalankan visi dan misi dalam mempromosikan budaya Indonesia," ujar perempuan yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat