visitaaponce.com

Tingkatkan Aksi Kesenian dan Budaya yang Berakar pada Kearifan Lokal

Tingkatkan Aksi Kesenian dan Budaya yang Berakar pada Kearifan Lokal
Penari dan musisi penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Indonesia tampil di hadapan delegasi dari 13 negara.(MI/Lina Herlina.)

DORONG aksi berkesenian dan berkebudayaan yang bermakna dan memiliki relevansi serta berakar pada nilai-nilai budaya nasional dan kearifan lokal. 

"Upaya memajukan kebudayaan secara konsisten dan berkelanjutan harus menjadi bagian tidak terpisahkan dari proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang kita lakukan saat ini," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/10). 

Pada pekan ini para pelaku budaya mulai mempersiapkan berbagai acara untuk Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023. Rencananya ajang itu digelar pada 20-29 Oktober 2023 dengan tema Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemedikbudristek) sebagai penyelenggara mengungkapkan pelaksanaan PKN menjadi salah satu implementasi dari strategi memajukan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2018.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim Harus Menjadi Kepedulian Seluruh Elemen Bangsa

Menurut Lestari, konsistensi menyelenggarakan event yang mengedepankan kebudayaan nasional di tengah masyarakat harus terus ditingkatkan dalam upaya menanamkan nilai-nilai budaya warisan para pendahulu bangsa kepada generasi penerus. Rerie, sapaan akrab Lestari, berpendapat upaya memupuk nilai-nilai budaya generasi penerus bangsa merupakan langkah yang penting.

Itu karena, tegas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah, kebudayaan memiliki peran strategis bagi bangsa Indonesia. Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, berbagai macam budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke menjadi kekayaan Indonesia. 

Baca juga: Terus Tingkatkan Peran UMKM dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Dengan kondisi itu, tambah Rerie, membangun dan melestarikan budaya sekaligus bisa menjadi alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia. Rerie sangat berharap semakin banyak pihak yang peduli terhadap upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional, sehingga berbagai fungsi yang ada pada kebudayaan dapat dimaksimalkan untuk memperkokoh eksistensi negeri di kancah global. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat