visitaaponce.com

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D
Berikut ini merupakan daftar makanan yang mengandung vitamin D.(Freepik)

VITAMIN D memiliki berbagai fungsi dalam tubuh. Fungsi utamanya untuk membantu penyerapan kalsium dari usus ke dalam aliran darah. Kalsium ini kemudian digunakan untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otot, dan berpotensi berkontribusi pada pencegahan penyakit tertentu.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan. Defisiensi vitamin D dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh, yang sering kali disebut sebagai osteoporosis. Selain itu, defisiensi vitamin D dapat menyebabkan gangguan kekebalan tubuh, kelelahan, nyeri otot, dan masalah kesehatan lainnya. 

Orang yang memiliki paparan sinar matahari yang terbatas, makanan yang kurang mengandung vitamin D, atau yang memiliki kondisi medis tertentu berisiko mengalami defisiensi vitamin D. Untuk itu, di bawah ini kami bagikan sumber makanan yang mengandung vitamin D.

Baca juga: Waktu Minum Vitamin yang Tepat Sesuai Jenis Vitamin

1. Ikan Salmon

Salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D adalah ikan salmon. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung sekitar 526 IU vitamin D, sehingga sangat baik jika dikonsumsi satu porsi setiap minggu. Ikan salmon ini dapat disiapkan dengan mudah. Anda dapat memanggangnya tanpa minyak atau mengukusnya setelah diberi bumbu tambahan.

Baca juga: Manfaat Suplemen Vitamin D Akan Minim Jika Kegemukan

2. Ikan Sarden dan Tuna Kalengan

Selain ikan salmon, ikan sarden, dan tuna kaleng juga termasuk dalam kategori makanan laut yang mengandung vitamin D. Makanan ini mengandung sekitar 269 IU vitamin D yang dikenal untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat memasak ikan sarden dan tuna kaleng ini dengan praktis sebagai hidangan pendamping.

3. Telur

Selain tinggi protein, telur juga termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin D, terutama di kuningnya. Dalam 100 gram telur mengandung sekitar 85 IU vitamin D. Untuk memanfaatkannya secara maksimal, Anda dapat memasak telur dengan mengukus atau menggorengnya dengan sedikit minyak zaitun. Namun, sebaiknya konsumsi kuning telur perlu dibatasi karena mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Daging Merah

Contoh makanan yang mengandung vitamin D lainnya adalah daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan domba. Namun, daging merah juga memiliki lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Untuk mengurangi risiko tersebut, disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah sekitar 50-70 gram per hari dan memasaknya tanpa tambahan minyak.

5. Minyak Hati Ikan Cod

Rekomendasi makanan berikutnya yang mengandung vitamin D adalah minyak hati ikan cod. Minyak hati ikan cod dikenal sebagai suplemen yang baik untuk menjaga kesehatan anak-anak. Satu sendok teh (4,9 ml) minyak hati ikan cod mengandung sekitar 450 IU vitamin D, setara dengan 56% dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin D. Selain vitamin D, minyak hati ikan cod juga mengandung vitamin A dan asam lemak omega-3 yang berkontribusi pada kesehatan mata dan otak.

6. Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin D. Vitamin D dalam produk susu membantu dalam penyerapan kalsium dalam tubuh yang mendukung kesehatan tulang dan gigi. Bagi yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, susu kedelai dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. (Z-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat