visitaaponce.com

Link Download Logo Hari Santri 2023 Resmi Format PNG

Link Download Logo Hari Santri 2023 Resmi Format PNG
Sejumlah siswa membawakan Tari Sarung dalam Peringatan Hari Santri Nasional ke-9, 2023.(Antara)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) resmi merilis tema dan logo Hari Santri 2023 yang diperingati pada Minggu (22/10). Hal ini disampaikan oleh Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta pada Jumat (6/10). Tema yang diusung oleh Kemenag, yakni Jihad Santri Jayakan Negeri.

“Pada peringatan tahun ini, kita usung semangat Jihad Santri Jayakan Negeri,” ujar Yaqut, dilansir dari situs resmi Kemenag, Jumat (6/10).

“Melalui tema ini, kami ajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,” lanjut dia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui filosofi logo hari santri 2023, simak penjelasan berikut!

Tema Hari Santri 2023

Yaqut menjelaskan bahwa Hari Santri 2023 mengambil tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". Tema ini dipilih oleh kemenag karena memiliki dua makna secara historis dan kontekstual.

Secara historis, tema tersebut mengingatkan sejarah untuk para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Daftar Link Twibbon Hari Santri 2023 Terbaik untuk Medsos

“Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober itu mengacu pada Resolusi Jihad yang dimaklumatkan oleh Kiai Hasyim Asyari. Resolusi Jihad itu berisi seruan kepada seluruh masyarakat agar berjuang menolak dan melawan penjajah,” jelasnya.

Jika dilihat dari sisi kontekstual dari tema yang diusung oleh kemenag yaitu menunjukkan kontribusi aktif para santri untuk memajukan negeri. Yaqut menyatakan bahwa jihad secara kontekstual tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata, namun para santri dapat menggunakan buku dan pena untuk memperdalam ilmu guna memperkuat literasi agama.

“Jihad santri secara kontekstual adalah jihad intelektual, di mana para santri adalah para pejuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan. Santri juga turut berjuang dan mengambil peran di era transformasi digital,” kata dia.

Baca juga: Hari Santri 2023 Usung Tema Jayakan Negeri dengan Jihad Intelektual di Era Transformasi Digital

Logo dan Filosofi Hari Santri 2023

Logo Hari Santri 2023 terdiri atas simbol berupa bendera merah putih dan api berkobar, jaringan digital, empat pilar, titik berwarna kuning di atas empat pilar, simbolisasi huruf nun dalam bahasa Arab, dan goresan tinta. Logo ini didesain dengan lima warna, yakni merah, putih, hijau, orange, dan biru.

Berikut filosofi dari logo Hari Santri:

1. Jaringan digital: bermakna transformasi teknologi digital yang harus ikut dilakukan para santri.

2. Empat pilar: berarti empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Titik berwarna kuning di atas empat pilar: mengandung makna santri siaga menjaga empat pilar kebangsaan.

4. Simbolisasi huruf nun: empat pilar membentuk huruf nun yang menyerupai tempat tinta sebagai simbol pengetahuan.

5. Goresan tinta: mengandung makna jihad santri, yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kejayaan negeri.

6. Lima warna dalam logo, yaitu merah, putih, hijau, orange, dan biru:

- Warna merah mencerminkan semangat yang menyala dalam berjuang.

- Warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian.

- Warna hijau sering dikaitkan dengan Islam dan mencerminkan nilai?nilai agama, kedamaian, dan pertumbuhan.

- Warna orange menciptakan kontras dan keceriaan, menggambarkan semangat, antusiasme, dan energi dalam upaya memajukan negeri.

- Warna biru adalah lambang kecerdasan dan kebijaksanaan.

Berikut link downlad Logo Hari Santri 2023:

Link download logo Hari Santri 2023: #

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat