visitaaponce.com

UKP Beri Bantuan Santri di Serang untuk Wujudkan Ketahanan Pangan

UKP Beri Bantuan Santri di Serang untuk Wujudkan Ketahanan Pangan
Pemberian bantuan mesin pertanian.(DOK UKP)

UTUSAN Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono meresmikan kegiatan ketahanan pangan di Pondok Pesantren Tahfidz Quran Baitul Hayat, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (13/6).

Mardiono mengatakan, ketahanan pangan yang dimaksud kali ini adalah mengajarkan para santri milenial untuk bercocok tanam guna memenuhi kebutuhannya mulai dari lingkungan terkecil yaitu pesantren.

“Kegiatan ini dalam rangka mendorong santri membangun ketahanan pangan dengan mulai bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan di lingkungan pesantren, maupun memberikan sumbangsih kepada warga sekitar,” tutur Mardiono.

Baca juga : 40% Pesantren di Tanah Air Punya Potensi Ekonomi

Mardiono menjelaskan, pada kesempatan ini para santri juga diberikan edukasi soal bercocok tanam menggunakan teknologi modern. Bahkan, para santri juga diberikan edukasi terkait pengolahan hasil bercocok tanam agar selanjutnya masuk ke dalam pasar dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Sehingga nantinya tidak hanya bertani atau bercocok tanam, tapi hasilnya langsung diproses untuk masuk ke pasar yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” jelasnya.

Mardiono pun berharap ke depannya agar lebih banyak pondok pesantren yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

“Harapan saya bisa memulainya dari pesantren kecil, karena kalau yang besar biasanya sudah mandiri. Dimulai dari pesantren kecil untuk memberikan edukasi serta bantuan, seperti alat pertanian yang dibutuhkan untuk mengolah, bercocok tanam, dan lainnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan kali ini Mardiono bersama PT Buana Centra Swakarsa juga memberikan bantuan berupa alat pertanian hand tractor, bibit benih ikan lele, bibit cabai, dan hewan kurban. Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Nanang Supriatna beserta jajaran, tokoh masyarakat Provinsi Banten KH Embay Mulya Syarief, Pimpinan Ponpes Tahfidz Quran Baitul Hayat H Holili, dan lainnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat