visitaaponce.com

5 Rekomendasi Game Membangun Kota di Android yang Bikin Ketagihan

5 Rekomendasi Game Membangun Kota di Android yang Bikin Ketagihan
Ilustrasi Game Membangun Kota(Steam)

Tak perlu berandai-andai jadi gubernur, kamu bisa mencoba simulasinya dengan main game membangun kota.

Tak dapat dipungkiri, jumlah permainan dengan genre unik makin bertambah. Fenomena ini dibuktikan dengan munculnya berbagai game jenis simulasi, salah satunya tentang membangun kota.

Game membangun kota dapat menjadi solusi mengatasi penat, terutama saat kamu sedang tidak ada kegiatan atau membutuhkan istirahat sejenak setelah selesai bekerja atau belajar.

Nah, berikut ini tersedia beberapa rekomendasi game membangun kota yang bisa kamu mainkan di HP Android. Dijamin game ini bisa bikin kamu ketagihan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Terbaik, Cocok Buat Kamu yang Suka Ngonten dan Main Game

Rekomedasi Game Membangun Kota

1. TheoTown

TheoTown

Kalau kamu suka dengan tampilan pixel, maka game TheoTown wajib kamu coba.  Rilis pada April 2015, game ini kerap dibandingkan dengan permainan ternama produksi EA, SimCity. Pasalnya, gameplay dan tampilan TheoTown mirip dengan SimCity versi paling pertama.

Dalam game ini, kamu dapat mengelola beberapa kota besar sekaligus, yang berisikan perumahan, bangunan komersial, pembangkit listrik, sampai pipa air yang harus dipasang dari bawah tanah.

Sejumlah kota itu bisa saling terhubung dengan membuat jalan raya, rel kereta, dan yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membangun monumen terkenal serta stadion sepak bola.

Saat bermain, mungkin kamu akan ketagihan menempatkan berbagai macam gedung. Tetapi, jangan sampai mengabaikan keamanan penduduk.

Kantor polisi serta pemadam kebakaran harus disediakan untuk menurunkan tingkat kejahatan dan menaikkan level kebahagiaan warga.  

Bagi pemula, gameplay TheoTown mungkin terasa membingungkan. Hal itu wajar, sebab panduan untuk pemula tidak diberikan secara detail.

Kamu bisa melihat versi lengkap yang diberikan oleh para pemain di situs TheoTown bagian forum.

Game membangun kota ini ramah mods yang berarti pemain dapat bebas menambah konten lain seperti gedung baru ke dalam kota TheoTown mereka.

Baca juga: 9 Rekomedasi Aplikasi Translate Terbaik, Menulis dan Bicara Bahasa Asing Jadi Lebih Mudah!

2. SimCity BuildIt

SimCity BuildIt

Bicara soal game membangun kota, nama aplikasi yang paling populer adalah SimCity.

Jika sebelumnya hanya tersedia di PC, kini game besutan EA itu juga bisa dimainkan di Android.

Seri terbaru ini menyajikan gameplay yang sama seperti SimCity sebelumnya. Perbedaannya terletak pada cara mendapatkan bangunan pelayanan publik seperti kantor polisi.

Pemain harus meningkatkan level terlebih dahulu agar bisa membangun tempat pembuangan sampah hingga kantor polisi.

Saat simoleons atau mata uang dalam game sudah banyak terkumpul, kamu dapat menaruh bangunan-bangunan itu ke kota untuk memuaskan keinginan penduduk.

Pastikan juga bahan-bahan bangunan sudah tersedia. Kayu, logam, dan bahan lainnya tidak hanya dibutuhkan untuk membangun, tapi juga merenovasi gedung.

Saat levelmu sudah tinggi, bahan bangunan yang diperlukan juga semakin kompleks.

Tantangannya tidak hanya sampai situ saja. SimCity BuildIt bisa dibilang efektif dalam menguji kesabaran.  Pasalnya, membangun gedung di game ini butuh waktu.

Begitu juga dengan material bangunannya, apalagi nanti kalau sudah makin rumit dan kamu harus mengombinasikan kedua material untuk membentuk bahan bangunan baru.

Kamu bisa saja mempercepat proses, namun, harus siap merogoh kocek di dunia nyata untuk mendapat simoleons tambahan dalam game.

Kalau kamu tipe orang yang sibuk, SimCity seri ini cocok untukmu. Sembari menunggu gedung selesai dibangun, pemain bebas melakukan aktivitas lain agar waktu tunggunya tidak terasa.

Baca juga: Ketahui 4 Cara Ganti Password Instagram Ini Supaya Akunmu Nggak Kena Hack!

3. DomiNations

DomiNations

Berbeda dengan game yang sudah disebutkan sebelumnya, DomiNations tidak hanya tentang membangun kota.

Gameplay-nya merupakan hasil kombinasi Clash of Clans dan Civilization dengan unsur perang.

DomiNations sendiri sebenarnya didesain oleh Brian Reynolds yang terlibat dalam pembuatan Civilization II.

Proses evolusi dari zaman batu hingga era modern yang membuat game ini digemari oleh sebagian besar orang.

Meraih rating 4,1 dari 800 ribu lebih pemain, DomiNations menyajikan teknologi serta bangunan baru seiring berkembangnya zaman di dalam permainan.

Ada juga aspek perang, di mana kamu bisa mengirim prajurit untuk menyerang wilayah lawan. Permainan juga jadi makin seru berkat adanya fitur PVP atau Player Versus Player.

Diperlukan strategi yang kuat dalam penempatan tiap bangunan. Selayaknya Clans of Clash, wilayah kekuasaanmu juga rentan diserang oleh pemain lain atau NPC.

Jika sudah kewalahan, kamu bisa membentuk aliansi dengan orang lain.

Pemain juga bisa memainkan satu dari tujuh negara yakni Perancis, Tiongkok, Inggris, Yunani, Jerman, Jepang, Korea, serta Romawi.

Namun, pilihan ini hanya tersedia di zaman besi. Setiap negara punya teknologi unik yang tidak dimiliki oleh negara lain.  

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Nonton Film, Nikmati Drakor hingga Film Hollywood Gratis!

4. Dream Town Island

Dream Town Island

Game dengan tampilan visual yang ‘imut’ ini baru saja rilis di tahun 2023, tepatnya pada bulan Juni.

Kata ‘ketagihan’ sepertinya layak dianugerahkan untuk game Kairosoft. Pasalnya, banyak pengguna media sosial di Indonesia yang mengaku sudah memainkan setidaknya satu game dari perusahaan asal Jepang itu.

Konsepnya sama seperti game membangun kota pada umumnya. Tapi, Dream Town Island punya satu aspek unik, yakni combo.

Jika kamu menempatkan bangunan atau tanaman di sebelah gedung tertentu, kamu dapat meningkatkan nilainya. Pemasukan pun akan otomatis bertambah. Selain itu, makin banyak orang yang tertarik untuk menetap di kotamu.

Kamu bebas memilih satu dari antara 3 peta yang tersedia di awal dan menata bangunan sesuka hati.

Hal yang juga membedakan permainan ini dengan yang lainnya adalah penduduknya.

Di game lain, kamu hanya bisa melihat warga bepergian ke sana kemari tanpa bisa mengontrol kehidupan mereka.

Namun, dalam Dream Town Island, kamu dapat menentukan tempat kerja, teman, sampai pasangan para penduduknya. Bahkan, kamu juga bisa memberi nama untuk anak mereka.

Sebagai informasi, game membangun kota ini dibanderol seharga 68 ribu rupiah di Google Playstore. Setelah membelinya, kamu bisa menikmati semua fitur yang tersedia tanpa harus membayar uang sepeser pun.

5. Pocket City

Diproduksi oleh Codebrew Games, Pocket City jadi salah satu game membangun kota yang underrated.  Gameplay-nya hampir mirip dengan SimCity namun lebih simpel.

Kamu dapat mencoba versi gratis terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang Rp10 ribu untuk bisa menikmati game itu sepenuhnya.

Bagi kamu yang baru pertama kali ‘mencicipi’ game membangun kota, disarankan untuk mencoba memainkan Pocket City.

Jika sudah mahir, kamu bisa beralih ke game lain, di mana permainannya akan semakin rumit. 

Di samping itu, meskipun terkesan sederhana, banyak bencana yang bisa sewaktu-waktu menyerang kotamu. Contohnya, serangan tornado dan gunung meletus.

Irit kuota, Pocket City bisa dimainkan secara offline dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebanyak 51 MB.

Game ini juga biasanya berjalan lancar di Android karena ukurannya yang kecil.

Baca juga: KPopers Merapat! Inilah 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik, Cocok untuk Pemula

Nah, itulah beberapa rekomendasi game membangun kota yang bisa kamu coba.

Deretan game membangun kota di atas bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi kebosanan.

Dapat diakses via gadget Android, kamu bisa membuka sejumlah game itu di mana saja dan kapan saja, offline maupun online.

Pilih TheoTown, SimCity BuildIt, atau DoMinations jika kamu suka tantangan. Untuk yang ingin bersantai, sebaiknya main Dream Town Island atau Pocket City.

Apapun pilihannya, 5 game ini sama-sama mengandung gameplay yang bikin kamu jadi ketagihan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Pricilia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat