visitaaponce.com

Ketahui 4 Cara Ganti Password Instagram Ini Supaya Akunmu Nggak Kena Hack

Ketahui 4 Cara Ganti Password Instagram Ini Supaya Akunmu Nggak Kena Hack!
Ilustrasi cara ganti password Instagram((Pixabay/USA-Reiseblogger))

Cara ganti password Instagram wajib diketahui oleh semua pengguna Instagram, terutama kamu yang punya akun bisnis atau banyak pengikut.

Kalau kamu tidak pernah mengganti password Instagram, kemungkinan akunmu di-hack akan semakin besar.

Konten yang sudah susah payah kamu buat bisa menghilang atau bahkan diganti dengan foto dan video yang tidak jelas. Bahkan, akunmu bisa digunakan untuk penipuan dan alamat email maupun nomor ponselmu yang terdaftar di Instagram tiba-tiba berubah.

Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi. Untuk mencegah kena hack, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin mengganti password Instagram.

Sebelum mengetahui cara ganti password Instagram, alangkah baiknya kamu tahu penyebab hacker bisa meretas suatu akun media sosial.

Baca juga: Ragam Ukuran Feed Instagram Terbaru 2023, Square, Landscape, Vertikal, dan Portrait

Penyebab Akun Instagram Diretas

Sebagian besar orang kini tidak bisa hidup tanpa adanya internet. Maka, saat berada di ruang publik seperti kafe, insting kebanyakan orang adalah mencari WiFi.

Untuk mengusir kebosanan, tak jarang banyak pengguna membuka Instagram menggunakan jaringan nirkabel itu.

Masalahnya, tidak semua WiFi di ruang publik itu aman. Passwordmu bisa dicuri orang saat kamu memutuskan untuk login ke Instagram.

Selain itu, makin marak juga link mencurigakan yang dikirim lewat fitur DM di Instagram. Entah itu menjanjikan hadiah, mengisi survei, atau mengecoh pengguna dengan memberitahukan masalah palsu pada akun dan solusinya yakni dengan mengeklik link tersebut.

Bukannya dapat hadiah atau solusi, pengguna justru didepak keluar dari akunnya sendiri. Tak lama, akun Instagram pun kena retas. Tidak hanya link, tautan yang dikirimkan seseorang, apalagi yang tak kita kenal, patut untuk dicurigai.

Phising atau tindakan pengelabuan untuk mendapatkan data seseorang juga bisa terjadi berkat aplikasi pihak ketiga. Jika kamu memakai password yang sama dengan Facebook dan akunmu di aplikasi tersebut diretas, maka akun Instagrammu juga dalam bahaya. Pasalnya, akun Facebook kini bisa terkoneksi dengan akun Instagram.

Hacker tidak selalu orang lain yang tidak dikenal, tapi juga mereka yang pernah dekat dengan kita. Misalnya saja mantan. Memberitahu password pada orang lain merupakan hal tabu, apalagi kalau mantan kesal dan punya dendam. Ia bisa saja menghapus semua konten atau mencemarkan nama baikmu.

Maka dari itu, rutinitas ganti password Instagram tidak boleh dilewatkan. Tidak mudah memulihkan akun yang pernah kena hack, terutama jika peretasan yang dilakukan sudah melebar hingga tahu informasi pribadi pengguna.

Daripada jadi korban, lebih baik mencegah akun kena retas dengan cara ganti password Instagram ini:

1. Cara Ganti Password Instagram Lewat Android

Login ke akun Instagram dan klik tiga garis atas yang berada di ujung kanan atas.

Pilih ‘Pengaturan dan privasi’. Kemudian, klik Pusat Akun.

Scroll ke bawah sampai kamu menemukan pilihan ‘Kata sandi dan keamanan’ di bagian ‘Pengaturan akun’.

Di bagian ‘Login & pemulihan’, kamu bisa mengeklik ‘Ubah kata sandi’. Pilih akun lalu masukkan password lama serta baru.

Usahakan memakai kata sandi baru yang kuat agar akunmu sulit ditembus hacker. Jangan memakai nomor berurutan, contohnya 123.

Selain itu, hindari memasukkan angka bulan dan tanggal lahir ke dalam password karena itu mudah ditebak. Informasi lain seperti hobi, pekerjaan, nomor rumah, nama anggota keluarga, dan data pribadi lainnya sebaiknya tidak digunakan untuk membuat kata sandi.

Password yang kuat umumnya mengandung huruf uppercase dan lowercase, angka, serta simbol. Contohnya 25ReI!Sh3r3!

Kalau kamu tidak bisa login karena lupa dengan kata sandi yang lama, pilih ‘Lupa kata sandi?’. Masukkan nomor telepon, email, atau nama pengguna. Selanjutnya, tunggu ada tautan masuk di dalam alamat email yang kamu pernah daftarkan di Instagram.

Klik link tersebut agar kamu bisa memulihkan akun dan memasukkan kata sandi yang baru.

Baca juga: Meta Wacanakan Biaya Berlangganan agar Facebook dan Instagram di Eropa Bebas Iklan 
 

2. Cara Ganti Password Instagram Lewat iPhone

Langkah pertama yang harus pengguna iPhone lakukan yakni mengklik foto profil yang berada di kanan bawah. Lalu, pilih ‘Pengaturan dan Privasi’. Kemudian, klik ‘Keamanan’ serta ‘Ubah kata sandi’.

Langkah selanjutnya sama seperti di Android maupun komputer. Kamu harus mengetik kata sandi lama beserta baru. Pastikan password yang kamu masukkan sudah benar dan pilih ‘Ubah kata sandi’.

Jika kamu sudah menghubungkan akun Facebook dengan Instagram, maka yang muncul setelah ‘Pengaturan dan Privasi’ adalah ‘Pusat Akun’ yang berada di paling atas.

Klik fitur tersebut dan tekan ‘Kata sandi dan keamanan’.  Selanjutnya, klik ‘Ubah kata sandi’ lalu pilih akun yang akan diganti password-nya.

Langkah terakhir yaitu mengetik password lama beserta yang baru ke dalam kolom. Jangan lupa untuk memeriksa ulang sebelum memilih ‘Ubah kata sandi’.

Jika kamu lupa dengan password lama, buka aplikasi Instagram terlebih dahulu sampai layar login muncul. Tekan ‘Lupa kata sandi?’ dan ketik nama pengguna, nomor handphone, atau alamat email. Pilih ‘Selanjutnya’ dan Instagram akan segera memberi tautan masuk untuk memulihkan akunmu.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis, Cocok untuk Pemula dan Profesional

3. Cara Ganti Password Instagram Lewat Komputer

Cara untuk mengubah password di Instagram melalui komputer termasuk mudah.

Pertama, klik simbol tiga garis bertuliskan ‘Lainnya’ yang ada di pojok kiri bawah. Selanjutnya, pilih Pengaturan dan ‘Ubah Kata Sandi’ yang berada di bawah ‘Edit profil’. Untuk pengguna yang menghubungkan akun Instagram dengan Facebook, harus melakukan langkah ekstra.

Setelah Pengaturan, kamu harus memilih ‘Pusat Akun’. Di bagian ‘Pengaturan Akun’, kamu akan menemukan pilihan ‘Kata sandi dan keamanan’. Terakhir, klik ‘Ubah Kata Sandi’ kemudian pilih akun serta memasukkan password yang lama dan baru.

Bagaimana jika kamu lupa dengan password yang lama?

Cara-nya mirip dengan langkah-langkah mengubah kata sandi melalui ponsel.

Kunjungi situs Instagram dan login ke akun. Klik ‘Lupa Kata Sandi?’ dan ketik alamat email, nomor telepon, atau nama pengguna. Instagram akan mengirimkan tautan masuk ke alamat email yang sudah kamu masukkan.

Baca juga: 6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Pemula Jadi Makin Percaya Diri

4. Cara Ganti Password Instagram Lewat Facebook

Langkah-langkah yang akan disebutkan berikut ini hanya berlaku untuk pengguna yang memiliki akun Facebook dan Instagram serta sudah menghubungkan keduanya.

Kamu bisa memeriksa apakah kedua akun sudah terhubung melalui ‘Lainnya’ dengan simbol tiga garis. ‘Pusat Akun’ akan muncul jika akun Instagram dan Facebookmu sudah saling terkoneksi.

Cara untuk mengganti kata sandi lewat Facebook adalah dengan membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Klik ‘Dapatkan bantuan untuk login’.

Dalam layar selanjutnya, pengguna bisa masuk dengan akun Facebook yang dimiliki. Namun, agar password Instagram sukses diubah, kamu harus memberi akses. Baru setelah itu kamu bisa mengubah kata sandi Instagram.

Baca juga: Dukung Israel, Kylie Jenner Kehilangan Ratusan Ribu Pengikut di Instagram 

Nah, itulah beberapa cara ganti password Instagram. Demi menghindari kena hack, kegiatan mengganti password di Instagram wajib rutin dilakukan.

Hacker bisa meretas akun Instagram dari mana saja, seperti dari WiFi di ruang publik, Facebook, link mencurigakan, sampai orang lain yang mengetahui kata sandi akunmu.

Agar akun Instagram kebal dari serangan peretas, kamu bisa mencoba sejumlah cara ganti password di Instagram, mulai dari mengubah-nya via komputer hingga iPhone.

Pastikan passwordmu tidak mengandung data pribadi, tapi berisikan kombinasi huruf uppercase dan lowercase, angka, dan simbol.

Ikuti cara ganti password Instagram ini mulai dari sekarang supaya akunmu enggak kena hack, ya!

Baca juga: 5 Aplikasi Lowongan Kerja yang Terpercaya, Para Jobseeker Wajib Tahu!

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Pricilia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat