visitaaponce.com

6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Pemula Jadi Makin Percaya Diri

6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Pemula Jadi Makin Percaya Diri
Ilustrasi aplikasi belajar bahasa inggris(Freepik)

Terdapat begitu banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat kamu coba. 

Dengan kehadiran aplikasi-aplikasi ini, proses pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan efisien, tanpa perlu bergantung pada kamus konvensional seperti yang mungkin dulu kamu lakukan.

Kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris hanya dengan menggunakan smartphone saja. 

Berikut ini tersedia beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan beragam fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

Pastikan membaca keseluruhan artikel ini sehingga kamu dapat menentukan aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensimu.

Baca juga: 5 Aplikasi Lowongan Kerja yang Terpercaya, Para Jobseeker Wajib Tahu!

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

1. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling terpopuler di Play Store. 

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia, memiliki rating 4.8/5.0, dan telah menerima lebih dari 17 juta ulasan.  

Keunggulan dari Duolingo tidak hanya terbatas pada pembelajaran Bahasa Inggris saja. Dalam aplikasi ini, kamu juga dapat mempelajari lebih dari 40 bahasa lainnya secara gratis, termasuk Spanyol, Prancis, Mandarin, dan Jerman.

Di Duolingo, kamu dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa Inggris.

Namun, sebelum mulai belajar, kamu akan diminta untuk mengikuti pre-test guna menentukan level kemampuan berbahasa Inggrismu, apakah itu pemula, menengah, atau mahir.

Proses pembelajaran di Duolingo juga seru dan menyenangkan.  Aplikasi ini menggunakan metode pembelajaran berbasis sains dan menyajikannya dalam format permainan yang melibatkan karakter-karakter menarik.  Hal ini membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cara yang menarik.

Selain itu, kamu juga dapat menetapkan target pribadi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris ini. 

Duolingo bahkan menawarkan berbagai insentif untuk memotivasi penggunanya agar tetap berlatih setiap hari. 

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis, Cocok untuk Pemula dan Profesional

2. HelloTalk

Jika kamu lebih ingin melatih skill speaking, aplikasi belajar bahasa Inggris HelloTalk bisa menjadi solusinya. 

Melalui HelloTalk, kamu memiliki peluang untuk berkomunikasi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris. Namun, kamu juga perlu mengajarkan orang tersebut berbahasa Indonesia sebagai imbalannya. 

HelloTalk sudah memiliki 40 juta anggota yang berasal dari  150+ negara di seluruh dunia.  Hal ini memungkinkan kamu untuk mencari partner belajar bahasa yang sesuai dengan preferensimu.

Kamu dapat mencari orang tersebut sesuai dengan bahasa yang ingin kamu pelajari, wilayah geografis, usia, dan sebagainya. 

Dengan kata lain, HelloTalk berfungsi sebagai wadah bagi jutaan orang yang tertarik untuk memperdalam pemahaman bahasa baru.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris dari sumber yang paling terpercaya, sambil memperluas jaringan pertemanan internasional.

Proses belajar pun menjadi semakin efektif karena HelloTalk menyediakan fitur chat, panggilan suara, terjemahan, hingga koreksi teks. 

Baca juga: 5 Aplikasi Cari Jodoh yang Paling Populer, Cocok Buat Kamu yang Lagi Cari Pasangan

3. Tandem: Language Exchange

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang berikutnya adalah Tandem: Language Exchange.

Prinsip dasar aplikasi ini mirip dengan HelloTalk, di mana kamu dapat berkomunikasi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris. 

Tandem menawarkan lebih dari sekadar pelajaran bahasa Inggris.  Di dalam aplikasi ini, kamu juga dapat mempelajari lebih dari 300 bahasa lainnya, termasuk Korea, Jepang, Italia, Rusia, Cina, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu tertarik menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk melengkapi profilmu terlebih dahulu.  Isi informasi seperti nama, lokasi, foto, minat, target berbahasa, serta kriteria partner yang kamu cari.

Setelah profilmu lengkap, kamu dapat mencari partner yang sesuai dengan preferensimu melalui menu "community," kemudian mulailah percakapan.

Saat berinteraksi langsung dengan penutur asli, kamu tidak perlu khawatir jika ada kata atau frasa yang tidak kamu mengerti. Tandem menyediakan fitur terjemahan yang membantu kamu dalam menulis atau menerjemahkan pesan-pesan yang diterima.

Dengan berlatih bahasa Inggris langsung dari para penutur aslinya, tingkat kepercayaan dirimu pasti akan meningkat.

Belajar bahasa Inggris pun menjadi semakin menyenangkan dengan adanya fitur-fitur seperti chat, voice note, panggilan suara, dan panggilan video.

Baca juga: Wah! Sekarang Pengguna Bisa Gunakan Dua Akun WhatsApp di Ponsel 

4. Grammarly

Grammarly merupakan salah satu aplikasi yang sangat cocok buat kamu yang ingin meningkatkan penguasaan tata bahasa (grammar), ejaan, dan tanda baca dalam bahasa Inggris. 

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini di smartphone atau laptopmu. Kemudian, aktifkan Grammarly di pengaturan keyboard gadget. 

Nantinya, Grammarly akan secara otomatis memeperbaiki kesalahan penulisan dalam bahasa Inggris, baik itu dalam chat, email, caption di media sosial, dan sebagainya. 

Bukan hanya sekadar mengecek tata bahasa, aplikasi ini juga menyediakan sinonim kata yang sesuai.

Jika kamu mengaktifkan Grammarly Premium, kamu bisa menikmati sejumlah fitur yang lebih canggih, termasuk perluasan kosakata, peningkatan kefasihan, pilihan kata yang lebih beragam, serta deteksi nada penulisan, seperti netral, ramah, atau formal. 

Dengan aplikasi ini, kamu dapat belajar dari kesalahan penulisan secara real time. 

Baca juga: Waspadai Modus Penipuan Kerja Like dan Subscribe Youtube, Jaring Korban Via Whatsapp

5. Beelinguapp

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang berikutnya adalah Beelinguapp. Aplikasi ini cocok buat kamu yang masih pemula dalam bahasa Inggris maupun bagi yang sudah mahir. 

Keunggulan utama Beelinguapp adalah penggunaan metode storytelling dalam proses pembelajaran. 

Dalam aplikasi ini, kamu dapat membaca dan mendengarkan cerita dalam bahasa Inggris dan belasan bahasa lainnya. 

Di Beelinguapp, cerita disajikan dalam dua versi, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang diletakkan bersebelahan. Dengan fitur ini, jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami terjemahan bahasa Inggrisnya, kamu bisa langsung merujuk ke versi bahasa Indonesia.

Selain dari cerita, kamu dapat mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan membaca konten berita dan mendengarkan musik yang tersedia dalam aplikasi ini.

Tak berhenti sampai di situ, dalam aplikasi ini, kamu juga bisa berlatih pengucapan dan mempelajari banyak frasa untuk perjalanan atau bisnis. 

6. Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah Busuu.  Lewat aplikasi ini, kamu dapat memperdalam kemampuan berbahasa Inggris dengan berbicara langsung bersama penutur asli. 

Kamu juga dapat membuat rencana belajar agar proses belajar bahasa Inggrismu bisa mencapai target. 

Keunggulan lainnya yaitu kamu dapat menghapal banyak kosakata dengan fitur Pelatih Kosakata.

Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan fitur Tinjauan Tata Bahasa yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Kamu juga dapat menerima sertifikat resmi dari Busuu sebagai bukti kemampuan bahasa Inggrismu, yang dapat dijadikan sebagai portofolio dalam mencari pekerjaan.

Selanjutnya, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk terus belajar bahasa Inggris tanpa perlu koneksi internet. Kamu hanya perlu mengunduh konten terlebih dahulu, kemudian nikmati konten tersebut di mana pun kamu berada.

Baca juga: Panduan Cara Membuat CV yang Ramah ATS

Nah, itulah sejumlah aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba. 

Setiap aplikasi memiliki keunggulan yang unik dan berbeda-beda. 

Pastikan kamu memilih aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. 

Dengan bantuan aplikasi, tekad, kemauan, dan konsistensi yang kuat, kamu pasti bisa mahir dan lebih percaya diri dalam berbahasa Inggis. 

Semoga informasinya bermanfaat dan selamat belajar!
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Pricilia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat