visitaaponce.com

Waspadai Modus Penipuan Kerja Like dan Subscribe Youtube, Jaring Korban Via Whatsapp

Waspadai Modus Penipuan Kerja Like dan Subscribe Youtube, Jaring Korban Via Whatsapp
Ilustrasi penipuan(Istimewa)

POLDA Metro Jaya memberikan atensi khusus kepada kasus penipuan kerja dengan modus like dan subscribe Youtube. Panit 1 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima sejumlah laporan polisi (LP) terkait kasus tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Satrio pada Waspada Kejahatan Siber, Masyarakat harus bagaimana' yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Polri di sebuah hotel kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

"Ini satu kasus yang menjadi perhatian kami penyidik yang ada di Polda Metro Jaya. Sepengetahuan saya sudah ada laporan yang naik ke penyidikan," kata Satrio, Jumat (7/7).

Baca juga : Waspada Penipuan dengan Modus Penawaran Kerja Freelance

Satrio menerangkan, pelaku menjaring korban via chat WhastApp. Mereka mengirimkan pesan berupa ajakan kerja paruh waktu dengan iming-iming upah yang lumayan.

Para pelaku, kata Satrio, menjaring para korban dengan cara menggunakan chat via aplikasi WhatsApp. "Mereka pakai sistem blaster kepada siapapun. Dari situ tawarkan keuntungan hingga membuat mereka tertarik," ujar dia.

Baca juga : Waspada Penipuan Lelang, Kenali Modusnya dan Verifikasi di lelang.go.id

Selanjutnya, jika korban tertarik maka para pelaku akan mengarahkan para korban masuk grup chat telegram. Satrio menjelaskan, bahwa dalam grup itu pelaku merekayasa seolah-olah banyak orang yang ikut serta dalam pekerjaan itu.

"Mungkin ada satu atau dua korban di dalamnya. Tapi sebenarnya beberapa orang mereka sendiri. Itu modusnya," ujar dia.

Adapun kerugian korban yang ditimbulkan dalam kasus itu pun cukup bervariasi.

"Paling rendah Rp3 juta sampai Rp4 juta. Paling banyak ada yang sampai ratusan juga. Rata-rata kerugian perorangan. Tapi ada juga kemarin yang membuat laporan secara berkelompok," pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat