visitaaponce.com

Jokowi Bicara Kota Masa Depan Didesain Hijau Seperti Konsep Nusa Rimba IKN

Jokowi Bicara Kota Masa Depan : Didesain Hijau Seperti Konsep Nusa Rimba IKN
Presiden Joko Widodo mengencangkan baut saat pemasangan bilah tertama Garuda di Kantor Presiden IKN.(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masih banyak orang yang keliru mengenai konsep kota masa depan, dan berpikir harus modern dengan banyak gedung pencakar langit atau high rise building.

Padahal, menurut dia, didukung dengan paradigma baru bahwa kota yang baik untuk masa depan adalah kota yang ramah bagi pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan ramah bagi anak-anak dan perempuan, serta lingkungan.

"Konsepnya kira-kira itu," kata kata Jokowi pada Pembukaan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XVII Tahun 2024, di Balikpapan, Selasa (4/6).

Baca juga : Rencana Presiden Berkantor di IKN Tetap Sesuai Jadwal

Artinya, sebuah kota harus diciptakan green (ramah lingkungan), smart dan friendly juga loveable (ramah bagi penggunanya). Jangan sampai kota dibangun dengan semakin banyak beton yang didirikan.

"Ada trotoar, semua paving blocks. Ada semestinya sekarang ini penggunaan paving grass, akan lebih baik dan lebih hijau. Ada pedestrian, (namun) tidak ada pohonnya. Sehingga kita ini negara tropis, panas. Sehingga tidak ada yang mau berjalan kaki karena tidak ada peneduhnya," kata Jokowi.

Oleh sebab itu, kehijauan ke depan sangat menjadi perhatian semua kota, yaitu hijau, teduh, ramah terhadap pejalan kaki, pesepeda, memiliki hutan kota, alun-alun dan taman yang luas.

Baca juga : Bertemu Tony Blair, Jokowi Bahas Rencana Proyek EBT di IKN

Apabila sebuah kota isinya sudah terlanjur gedung dan beton, kata Jokowi, maka harus mencarikan atau merancang desain kotanya, mungkin dengan memangkas beberapa gedung, dan dijadikan taman kota.

"Saya senang Balikpapan termasuk kota yang saya senangi karena hijauannya sangat baik. Juga Surabaya. Yang lain-lain saya tunggi," kata Jokowi.

Termasuk nantinya, IKN akan menjadi ibu kota dengan konsep terhijau di dunia.

"IKN akan menjadi ibu kota. Konsepnya ibu kota terhijau di dunia karena memang konsepnya adalah Kota Nusa Rimba, betul-betul hijau. Kalau kita konsisten terhadap konsep awal dari pembangunan ibu kota Nusantara yang sedang dalam proses pembangunan," kata Jokowi. (Try/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat