visitaaponce.com

ASEAN akan Beri 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet ke Indonesia

ASEAN akan Beri 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet ke Indonesia
Ilustrasi cacar monyet(AFP)

DIREKTUR Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan Indonesia akan mendapatkan 2 ribu stok vaksin cacar monyet atau mpox dari ASEAN.

"Kami rapat dengan farmalkes mereka sedang minta ada 2 ribu dosis dari ASEAN vaksin mpox dalam waktu dekat kita ada stok 2 ribu vaksin," kata Maxi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (26/10).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan saat ini terdapat 14 kasus di DKI Jakarta yang rata-rata berasal dari kelompok Lelaki Seks Lelaki (LSL). Selain itu Kemenkes memprediksi kasus mpox di Indonesia bisa mencapai 3.600 kasus berdasarkan perhitungan epidemiologi.

Baca juga : 416 Orang di DKI Jakarta sudah Vaksinasi Cacar Monyet Dosis Kedua 

"Hitungan kami ada 3.600 kasus dan kita perlu siapkan minimal 6.500 dosis vaksin," ujar dia.

“Karena terjadi rata-rata di kelompok LSL Kemenkes bekerja sama dengan komunitas, karena kalau tidak melalui komunitas maka sulit terkait pendataan, tracing, dan sebagainya. Sementara dari kementerian/lembaga belum ada kerja sama, namu ke depan kami lihat kasusnya apakah bisa memberi dukungan atau sebagainya,” imbuhnya.

"Mpox berhubungan erat dengan perilaku yang sebagian besar terjadi kelompok berisiko pada komunitas tertentu dari jumlah 14 kasus rata-rata pada kelompok LSL," kata Ketua Bidang II Pendidikan dan Profesi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) Prasetyadi Mawardi.

Baca juga : Bukan cuma Jakarta, 51 Kasus Cacar Monyet Menyebar di 5 Provinsi

"Case fatality rate hanya 1 persen maka perlu menggandeng komunitas untuk surveilans, tapi resiko penularannya tidak mudah tidak secepat cacar air atau chickenpox yang cepat," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat