visitaaponce.com

416 Orang di DKI Jakarta sudah Vaksinasi Cacar Monyet Dosis Kedua

416 Orang di DKI Jakarta sudah Vaksinasi Cacar Monyet Dosis Kedua 
Ilustrasi pemberian vaksin cacar monyet atau Mpox.(Freepik )

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta sudah melakukan vaksin cacar monyet dosis pertama kepada sedikitnya 495 orang, sementara dosis kedua diberikan kepada 416 orang. Langkah vaksinasi ini khusus ditujukan kepada kelompok yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama, mengatakan, hingga tanggal 8 Desember pukul 19.00 WIB, tercatat sejumlah 44 kasus positif cacar monyet (monkeypox/mpox) sejak Oktober 2023 di DKI Jakarta.

“Semua kasus tersebut bersifat ringan dan semua pasien tertular melalui kontak seksual. Seluruh penderitanya adalah laki-laki dengan rentang usia 25-50 tahun,” kata Ngabila, di Jakarta, Sabtu (10/12).

Baca juga: IDI Tegaskan Cacar monyet tidak Perlu Terlalu Ditakuti

Dari jumlah 44 pasien, 34 orang telah dinyatakan sembuh dan 10 orang lainnya masih dalam perawatan. Namun lima orang di antaranya menjalani isolasi mandiri dan lima lainnya dirawat inap di rumah sakit.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menenangkan masyarakat dengan mengingatkan bahwa penyakit mpox tidak memiliki kemampuan penularan cepat seperti covid-19.

Baca juga: Pasien Cacar Monyet Meninggal Karena Komorbid berat

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah penyebaran penyakit,” kata Nadia. (Ssr/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat