visitaaponce.com

Wapres Tingkatkan Literasi Quran di Tengah Perkembangan Digital

Wapres : Tingkatkan Literasi Quran di Tengah Perkembangan Digital
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI/Yoseph Pencawan)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta literasi Al-Qur’an terus ditingkatkan di tengah perkembangan dan masifnya informasi digital. Wapres mendorong generasi muslim Indonesia untuk tidak meninggalkan Al-Qu’ran dan hadis sebagai panduan hidup.

"Kegemaran terhadap teknologi jangan sampai menyita perhatian kita sehingga kita tidak mengamalkannya (Alquran) dalam kehidupan sehari-hari," ujar Wapres dalam seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits Nasional XXVII Tahun 2023 yang digelar di Provinsi Jambi, Senin (30/10).

Dalam acara itu, turut hadir Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jambi Al-Haris.

Baca juga : Yayasan Muslim Sinar Mas Land kembali Gelar Lomba Baca Al-Qur’an di Balikpapan

Wapres menambahkan, tantangan yang dihadapi generasi muda kian berat. Peningkatan literasi Al-Qur’an diyakini bisa menjadi pedoman generasi muda muslim di Indonesia. Hasil survei indeks literasi Al-Qur’an 2023, sambung wapres, mencapai angka 66 atau kategori tinggi.

"Saya minta pada generasi muslim Indonesia untuk tidak meninggalkan Al-Qur’an dan hadist sebagai panduan hidup," ucap Wapres.

Baca juga : Indeks Literasi al-Quran Tinggi, Kemenag Terus Perkuat Pembelajaran Al-Quran di Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mendorong peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dalam mendukung peta jalan literasi Al-Quran. LPTQ, sambung Menag, menjadi garda terdepan memperkuat literasi Al-Quran dan hadist. Itu menjadi bagian dari program Indonesia Emas 2024-2045.

"Peran LPTQ sangat luas dalam kegiatan membumikan Al-Quran dan hadist," ujarnya.

Gubernur Jambi Al-Haris mengatakan pada 26 tahun lalu pernah ada perlombaan MTQ tepatnya tahun 1997' di Jambi. Provinsi Jambi, ujarnya, kembali menjadi tuan rumah seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits Nasional XXVII Tahun 2023. Acara nasional itu diikuti oleh 34 provinsi se-Indonesia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat