visitaaponce.com

Wapres Ingatkan Calon Pimpinan KPK Selanjutnya Dipilih Berdasarkan Integritas, bukan Titipan

Wapres Ingatkan Calon Pimpinan KPK Selanjutnya Dipilih Berdasarkan Integritas, bukan Titipan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin memberikan pesan kepada seluruh panitia seleksi (pansel) yang akan menyeleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Dewan Pengawas (Dewas) KPK di periode 2024-2029. Ma’ruf berharap pansel dapat mencari sosok calon pimpinan yang berintegritas dan berkomitmen pada pemberantasan korupsi.

Ma’ruf menyampaikan bahwa lembaga antirasuah di Indonesia saat ini sedang disorot oleh publik bahkan pihak internasional. Karena itu, penyeleksian calon pimpinan KPK serta Dewas KPK perlu dilakukan dengan serius dan memilih orang-orang yang dapat memulihkan citra KPK ke depan.

“Saya minta, tentu karena KPK ini di lembaga penting sekali, selalu menjadi sorotan publik, bahkan juga ada skor yang diberikan pihak internasional posisi kita di berapa, maka itu pimpinan dan juga dewas KPK ini menjadi penting. Pertama tentu harus yang rekam jejak. Saya kira yang pertama itu rekam jejaknya harus bersih. Kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih saya kira sulit,” kata Ma’ruf kepada awak media di Malang, Jawa Timur, Kamis (27/6).

Baca juga : Nurul Ghufron Diminta Fokus Sidang Etik Dibandingkan Daftar Capim KPK

Ma’ruf Amin juga menitipkan pesan penting kepada pansel agar seleksi dilakukan dengan transparan. Capim yang diseleksi pun juga berdasarkan kriteria yang sesuai.

“Perlu orang yang berkomitmen, lalu independen. Independen ya, jangan titipan, betul-betul ini,” tambahnya.

“Jadi rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan independensinya. Saya kira empat kriteria ini kalau terpenuhi akan lahir pimpinan dan juga Dewas KPK yang bisa diharapkan,” pungkasnya. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat