visitaaponce.com

Capim KPK Sepi Peminat, MAKI Orang Malas Karena Faktor Titipan

Capim KPK Sepi Peminat, MAKI: Orang Malas Karena Faktor Titipan
Ilustrasi: Aksi Selamatan KPK.(MI/Susanto)

PENDAFTAR calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih sepi peminat. Hal itu dipandang karena dugaan faktor orang titipan seperti yang terjadi pada seperti proses pemilihan komisioner KPK periode 2019-2023.

"Karena saya tahu persis pemilihan pimpinan sebelumnya itu titipan. Sehingga orang menjadi makin malas (daftar)," kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman saat dihubungi Medcom.id, Senin, 1 Juli 2024.

Boyamin mengatakan saat ini panitia seleksi (pansel) capim KPK periode 2024-2029 belum menegaskan soal bebas dari titipan. Hal itu jadi salah satu faktor menghambat berbagai pihak untuk mendaftar.

Baca juga : 12 Mantan Pegawai Ingin Daftar Capim KPK, Tapi Terbentur Aturan

"Pansel belum declare bebas titipan, sehingga orang baik malas daftar," ucap Boyamin.

Dia menekankan bahwa pansel KPK tidak hanya sekadar menyatakan bakal memilih calon yang independen. Pansel harus bisa jemput bola kepada tokoh-tokoh yang layak untuk mencalonkan diri sebagai capim KPK.

"Jemput bola, sesuai janjinya, kepada tokoh-tokoh yang layak, dan diberi pemahaman bahwa nanti pemilihan itu independen, dan tidak ada di titipan-titipan," ujar Boyamin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansel Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK Arief Satria mengatakan sudah empat yang mendaftar capim KPK. Lalu, empat lainnya mendaftar untuk Dewas KPK.

Adapun pendaftaran capim KPK dan Dewas telah dibuka sejak 26 Juni hingga 15 Juli 2024. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat