visitaaponce.com

Menkes Minta Sistem Kekarantinaan dan Surveilans Diseragamkan

Menkes Minta Sistem Kekarantinaan dan Surveilans Diseragamkan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin(Antara)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta adanya penyeragaman sistem dalam pelayanan kekarantinaan dan surveilans di seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia.

"Kami minta standardisasi ini segera dilakukan. Selama ini setiap KKP standarnya beda-beda, yang dikerjain juga beda-beda, akhirnya outputnya juga beda antara satu kantor dengan kantor lainnya," kata Budi dalam keterangannya, Rabu (1/11).

Ia mencontohkan kegiatan surveilans malaria, di beberapa KKP, metode penangkapan nyamuk yang masih menggunakan metode umpan badan. Sementara di KKP lainnya, penangkapan sudah menggunakan hewan seperti sapi.

Baca juga: Dikejar Waktu Turunkan Angka Stunting

Perbedaan tersebut menyebabkan capaian kerja yang berbeda-berbeda. Akhirnya, cara tersebut dianggap sudah tidak lagi efektif.

"Oleh karena itu, penyeragaman sistem yang dimaksud juga dibarengi dengan studi banding sistem kekarantinaan dan surveilans dari negara lain seperti Singapura dan Amerika Serikat misalnya," ujar dia.

Baca juga: Menkes Tegaskan Pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Masa Kehamilan

Nantinya, hasil dari studi banding tersebut, bisa digunakan untuk menyusun sistem kekarantinaan dan surveilans di KKP yang lebih baik, terbaru dan terkini. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat