visitaaponce.com

Menkes Tegaskan Pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Masa Kehamilan

Menkes Tegaskan Pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Masa Kehamilan
Ilustrasi(MI/RAMDANI)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan upaya pencegahan stunting harus dilakukan sejak sebelum bayi dilahirkan, pada masa kehamilan.

Dikutip dalam siaran pers, Selasa (17/10), Budi menyampaikan kebutuhan gizi ibu pada masa kehamilan harus dipastikan terpenuhi untuk mencegah kelahiran anak dengan risiko stunting, kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

"Ibunya kalau kekurangan gizi hampir pasti anaknya pun stunting," kata Budi sembari menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi anak sejak berada di dalam kandungan.

Baca juga: Bupati Klaten Mewisuda Ratusan Ibu Hamil Sehat

Guna mencegah stunting pada anak, ia mengatakan, ibu juga harus dipastikan dalam keadaan sehat sebelum dan semasa hamil.

Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan para ibu menjalani minimal enam kali pemeriksaan selama kehamilan.

"Dulunya ibu hamil kontrol empat kali, sekarang jadi enam kali dengan tambahan (periksa) USG," kata Menkes sembari menambahkan alat pemeriksaan USG sudah disediakan di Puskesmas-Puskesmas.

Baca juga: Cegah Stunting, ILUNI UI Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga Pejaten Timur

Pemeriksaan kehamilan diperlukan untuk menilai kesehatan ibu dan janin selama kehamilan serta mendeteksi dini masalah komplikasi maternal. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat