visitaaponce.com

Cegah Stunting, ILUNI UI Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga Pejaten Timur

Cegah Stunting, ILUNI UI Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga Pejaten Timur
Kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan stunting oleh Iluni UI di Pejaten Timur(dok Iluni UI)

Collaborative Action Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia (CAC ILUNI UI) berkolaborasi dengan Komunitas Sobat Sehat dan Tunas Bakti Nusantara membagikan 1 ton ikan untuk warga Pejaten Timur yang berlangsung di kelurahan Pejaten Timur, Sabtu (14/10). Kolaborasi ini merupakan upaya  berbagai pihak untuk mengurangi persentase jumlah anak stunting dan mencegah kasus baru pada keluarga berisiko stunting

Ketua umum ILUNI UI Didit Ratam menyatakan, pencegahan dan penanganan program stunting menjadi salah satu program highlight pada kepengurusan ILUNI UI.

“Melalui Collaborative Action Center, kami ingin mendukung visi-misi pemerintah untuk menurunkan angka stunting hingga ke angka 14% dalam rangka sambut Indonesia Emas 2045. Kami tidak sendiri tentunya. Apresiasi besar untuk para stakeholder yang selama ini telah berkolaborasi dalam program stunting, mulai dari Ikatan Alumni Wilayah, Chapter, pemerintah, sivitas akademika UI, dan lembaga NGO lainnya yang menjadi partner dalam pelaksanaan program stunting,” ungkap Didit melalui keterangan tertullis yang diterima, Sabtu.

Tak hanya membagikan ikan secara gratis, pada acara tersebut juga diadakan kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan stunting. Salah satunya adalah pemaparan akan pentingnya protein hewani bagi tumbuh kembang anak.

Ketua Collaborative Action Center dr. Dewi Elina memaparkan ada beberapa kasus balita bawah dua tahun atau baduta yang menderita stunting dan keluarga berisiko stunting yang berada di lokasi Pejaten Timur.

“Selain membagikan daging ikan, kami juga menyampaikan kepada para orang tua  yang hadir untuk mengolah daging ikan sebagai menu makanan tambahan untuk anak,” imbuh dr. Dewi.

Selain itu, pada kegiatan penyuluhan kolaborasi ILUNI UI, Sobat Sehat, dan Tunas Bakti Nusantara, juga dilaksanakan edukasi pencegahan stunting baik dari peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi,  keluarga berencana (KB), tablet tambah darah, vaksinansi, inisiasi menyusui dini, dan MPASI.

Sebelumnya, Collaborative Action Center telah melaksanakan berbagai kegiatan penanganan stunting di antaranya pelatihan penyuluhan para relawan BEM UI yang bertugas melakukan penyuluhan pencegahan stunting di Atambua NTT.

Collaborative Action Center juga bersinergi dengan Women Empowerment Center ILUNI UI telah melakukan edukasi stunting dan kesehatan mental di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cendekia Kelurahan Cipedak, Jagakarsa.  

Selain itu Collaborative Action Center turut membuka peluang sinergi bersama dengan Kementerian Kesehatan dan BKKBN. Tak hanya mengatasi stunting, Collaborative Action Center pun telah mengadakan program-program terkait environtment restoration, renewable energy, edukasi, dan kesehatan. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat