visitaaponce.com

Bupati Klaten Mewisuda Ratusan Ibu Hamil Sehat

Bupati Klaten Mewisuda Ratusan Ibu Hamil Sehat
Guna mencegah stunting dan kematian ibu, Klaten menyelenggarakan kelas Ibu Hamil Sehat di 34 wilayah puskesmas.(MI/Djoko)

RATUSAN ibu hamil sehat di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diwisuda oleh Bupati Sri Mulyani di pendapa kabupaten, Senin (16/10). Mereka merupakan para peserta kelas ibu hamil yang  diselenggarakan di 34 wilayah puskesmas di Kabupaten Klaten.

Total ada 238 ibu hamil sehat yang diwisuda. Mereka merupakan peserta kelas ibu hamil hingga empat kali pertemuan secara tertib.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan para peserta kelas ibu hamil antusias dan serius mengikuti setiap materi yang diberikan.

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak

"Kelas ibu hamil ini digelar untuk meningkatkan pemahaman tentang kehamilan, persiapan persalinan, hingga pengasuhan anak pasca-melahirkan," jelasnya.

Adapun tujuan jangka panjang kelas ibu hamil, yaitu untuk mempersiapkan para ibu turut berperan dalam mencegah kasus stunting pada anak. Di samping menekan angka kematian ibu dan anak dalam proses persalinan.

Baca juga: Cegah Perundungan, Polres Klaten Giatkan Pembinaan dan Penyuluhan Pelajar

"Yang tidak kalah penting mengenai pemahaman atas kehamilan, persiapan persalinan, dan pengasuhan anak, yakni tidak ada kematian ibu dan anak," imbuhnya.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya berharap dengan wisuda ini para ibu hamil sehat lebih siap secara fisik dan mental menyambut hari kelahiran buah hati. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengajak seluruh ibu hamil di  Klaten untuk turut berperan aktif dalam pencegahan stunting anak sejak  sebelum kelahiran.

"Untuk itu, jaga asupan nutrisi dengan benar selama mengandung, serta mempersiapkan pola asuh bagi calon bayi yang akan dilahirkan," pesan Bupati Klaten. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat