visitaaponce.com

Cegah Perundungan, Polres Klaten Giatkan Pembinaan dan Penyuluhan Pelajar

Cegah Perundungan, Polres Klaten Giatkan Pembinaan dan Penyuluhan Pelajar
Polres Klaten menggelar penyuluhan dan pembinaan guna menekan kasus kekerasan dan perundungan di kalangan pelajar.(MI/Djoko)

KEPOLISIAN Resor Klaten, Jawa Tengah, menggiatkan pembinaan dan penyuluhan pelajar di sejumlah sekolah di Klaten, Senin (16/10) guna menekan kasus yang melibatkan pelajar. Kegiatan pembinaan pelajar yang dipimpin Wakapolres Kompol Tri Wakhyuni ini menyasar 41 sekolah setingkat SMP dan SMA.

Dari 41 sekolah yang disasar, 15 sekolah dilaksanakan para pejabat utama Polres Klaten dan 26 sekolah lainnya oleh Kapolsek. Kapolres Klaten AKB Warsono melalui Kasi Humas Iptu Abdillah mengatakan, kegiatan pembinaan dan penyuluhan ini menindaklanjuti berbagai kasus  yang melibatkan pelajar.

Pembinaan dan penyuluhan pelajar di sekolah akan dilakukan secara rutin, dengan tujuan agar lebih efektif dalam pencegahan berbagai penyimpangan remaja. "Kegiatan ini akan kami laksanakan minimal seminggu sekali setiap hari Senin. Tetapi, bisa juga secara insidentil menyasar sekolah yang siswanya terindikasi ada permasalahan," jelasnya.

Baca juga: Kejari Flotim Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Proyek BNPB

Adapun materi penyuluhan, antara lain pencegahan perundungan, tawuran, tertib berlalulintas, dan narkoba. Selain itu, ada materi tambahan tentang etika serta kesopanan.

Upaya pembinaan dan penyuluhan pelajar juga didukung masyarakat, khususnya para orangtua siswa. Peran orangtua itu penting dalam  pengawasan dan pembentukan karakter positif anak.

Baca juga: 5.469 Keluarga di Klaten Alami Krisis Air Bersih

"Kami meminta orangtua lebih peduli dengan anaknya. Lakukan pengawasan ketat dan arahkan anak di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Selain itu, berikan contoh yang baik dalam bersikap dan beribadah," ujar Abdillah. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat