visitaaponce.com

PPTQ Ibnu Abbas Klaten Mewisuda 474 Santri dan Mahasantri

PPTQ Ibnu Abbas Klaten Mewisuda 474 Santri dan Mahasantri
Wisuda santri dan mahasantri PPTQ Ibnu Abbas Klaten.(MI/Djoko Sardjono)

PONDOK Pesantren Tahfizhul Quran (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten, Jawa Tengah, mewisuda 474 santri dan mahasantri di Gedung Wongso Menggolo, Klaten, Kamis (27/6). Wisudawan/wisudawati santri PPTQ Ibnu Abbas angkatan ke-10 tahun ini terdiri dari santri SMPIT sebanyak 231 orang, SMAIT 219 orang, dan santri Mahad Aly 24 orang.

"Semua santri lulus memenuhi standar tiga pilar pendidikan, yakni tahfidz, akhlak, dan akademik," kata Sekretaris PPTQ Ibnu Abbas Klaten, Umarulfaruq Abubakar. Kemudian, wisudawan yang beprestasi kategori penerima sanad ada 8 santri, lulus teruji 30 juz 11 santri, dan santri khatam hafalan 30 juz sebanyak 73 orang.

Menurut Ustadz Umarfaruq, capaian prestasi para santri tidak hanya di bidang tahfidz, tetapi juga pada kejuaraan nonakademik, baik tingkat kabupaten maupun nasional. "Mereka yang meraih prestasi kejuaraan ada 39 santri SMAIT, sedangkan untuk SMPIT 29 santri. Bidang yang mereka ikuti, yakni sains, sastra, tilawatil Quran, dan teknologi," paparnya.

Baca juga : Jemaah Calon Haji Kabupaten Klaten Pamit ke Bupati

Direktur PPTQ Ibnu Abbas Klaten, KH Muhammad Uqbah Azis, pada kesempatan itu menyampaikan selamat kepada para santri dan santriwati yang diwisuda. "Wisuda ini menandakan telah tuntas masa pembelajaran di jenjang yang dilalui. Pun, bentuk pembelajaran sudah didapatkan, bahkan sedih senang sudah dirasakan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Uqbah menjelaskan bahwa wisuda bukanlah akhir dari proses menuntut ilmu, bukan juga akhir dari penilaian belajar akhir tahun. "Al-Qur'an sudah ada di dada kalian. Tuntaskan dan pegang amanah serta pesan yang ada di dalam Al-Qur'an. Itu semua kalimat cinta Allah untuk kalian," tambahnya.

Pembina Yayasan Al Fatih Pilar Peradaban, KH Budi Ashari, mengingatkan kepada seluruh wisudawan untuk selalu menjaga adab, terutama kepada para asatidzah. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat