visitaaponce.com

Sekolah Kewirausahaan Gratis SKBAC Pondok Aren Gelar Wisuda Angkatan 26

Sekolah Kewirausahaan Gratis SKBAC Pondok Aren Gelar Wisuda Angkatan 26
Wisuda Angkatan 26 Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11).(MI/Oebai)

WISUDA Mahasiswa Angkatan 26 Program Diploma Satu Kewirausahaan digelar oleh Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova (SKBAC) di Islamic Center Al Amanah Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11).

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Harapan Umat Pondok Jati yang menaungi sekolah tersebut Romli Sian Mair mengutarakan SKBAC terbentuk atas dasar keprihatinan pada masyarakat sekitar Pondok Jati, sebab setelah lulus SMA tidak bisa melanjutkan kuliah dan sulit mencari pekerjaan di era globalisasi ini.

"Kami tergerak menyelenggarakan Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova, setara dengan Diploma Satu, bagi masyarakat lulusan SMA yang belum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tanpa memungut biaya, sehingga kelak mereka bisa menjadi wirausahawan secara mandiri," ujar Kiai Romli di sela acara wisuda mahasiswa SKBAC Pondok Aren, Tangsel.

Direktur Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova Bowo Priyatno mengutarakan, penyelenggaraan kuliah di SKBAC digelar setiap Sabtu dan Minggu selama satu tahun. Pada periode terakhir, mahasiswa wajib membuat Laporan Karya Tulis Tugas Akhir sebagai implementasi dari ilmu yang didapat di sekolah dengan praktik di lapangan.

"Para dosen SKBAC sebagian dari (Universitas) Trisakti dan tempat lainnya, yang merupakan jemaah pengajian KH Romli Sian Mair, dengan tidak mendapatkan gaji, karena SKBAC merupakan sekolah gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun," ungkap Bowo.

Di SKBAC, lanjut dia, selain diberikan ilmu kewirausahaan, mahasiswa juga mendapat Ilmu Agama Islam, Dasar-Dasar Manajemen, Manajemen Potensi Diri, Bahasa Inggris, Digital Marketing, Ekonomi Syariah, dan Pengantar Keuangan. Mahasiswa juga diedukasi membuat perencanaan dan proposal bisnis.


Baca juga: Pendidikan Usia Dini Berperan Penting Menggali Potensi Anak


Selain mata kuliah tersebut, mahasiswa juga mendapat pembinaan secara berkala dari praktik Pengabdian pada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta.

Acara wisuda ke-26 tersebut juga diisi Orasi Ilmiah oleh Presiden Republik Bisnis Coach Sigit Sulistianto dengan tema 'Membangun dan Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan untuk Membentuk Generasi Wirausaha yang Tangguh dalam Mendukung Perekonomian Nasional'.

Selanjutnya, Direktur SKBAC dan Coach Sigit akan mengadakan Program Cordova Mentoring Business dengan melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, dan masyarakat sekitar yang diharapkan bisa mulai pada tahun pelajaran 2023/2024 ini.

Lebih lanjut, Bowo mengemukakan hingga usia 26 tahun saat ini SKBAC telah meluluskan sekitar 1.132 mahasiswa. "Alhamdulillah mereka sebagian besar sudah memiliki usaha sendiri dan untuk tahun akademik 2023/2024 merupakan angkatan 27, kami masih menerima mahasiswa susulan untuk gelombang kedua untuk melengkapi mahasiswa yang saat ini sudah mulai aktif kuliah," ungkapnya.

Untuk angkatan ke 27 ini, SKBAC masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung untuk kuliah di SKBAC dan pendaftaran Gelombang II sampai akhir November 2023 untuk masa perkuliahan Periode II. 

Pada wisuda Angkatan 26 ini juga diberikan penghargaan untuk mahasiswa terbaik lulusan 2022/2023 yang dibacakan Direktur SKBAC. Setelah mengumpulkan nilai dari semua dosen dan melalui penilaian beberapa kriteria, terpilih empat wisudawan terbaik lulusan SKBAC 26 ini yakni Eni Prilistanti, lulus Suma Cumlaude dengan IPK 3,80. Terbaik kedua dengan nilai sama yakni Aminah Tri Astuti dan Denik Trisna Sintawati dengan IPK 3,73. Dan terbaik ketiga adalah Fuji Rusmalia dengan IPK 3,60.

"Saya ucapkan selamat kepada para peraih predikat terbaik," tukas Bowo. (I-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat