visitaaponce.com

Anak dengan Mikrotia harus Diberi Penjelasan sebelum Jalani Operasi

Anak dengan Mikrotia harus Diberi Penjelasan sebelum Jalani Operasi
Ilustrasi(Istimewa)

Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorok (THT) di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Mirta Hediyati Reksodiputra, mengungkapkan anak dengan mikrotia atau telinga kecil harus diberi pemahaman sebelum menjalani operasi. Hal itu harus dilakukan lantaran operasi mikrotia membutuhkan proses yang begitu panjang.

"Ini bukan seperti operasi tonsil atau operasi kecil lain yang hanya dua hari atau dua minggu kontrol lalu semua selesai," ucap Mirta dalam sebuah diskusi daring, Selasa (7/11).

Dia menjelaskan bahwa mikrotia merupakan kelainan yang menyebabkan daun telinga tidak terbentuk sempurna sehingga terlihat lebih kecil daripada daun telinga normal. Oleh karena itu, proses operasi bagi penderita mikrotia harus dilakukan dalam beberapa tahap.

Baca juga: Polusi Udara Tingkatkan Risiko Radang Paru

Jika mikrotia yang diderita tidak terlalu parah, itu dapat dilakukan otoplasty, yaitu operasi untuk memperbaiki bentuk dan ukuran daun telinga. Namun, jika mikrotia yang diderita ada pada tahap lanjut, dokter perlu membuat implan daun telinga dari tulang rawan iga maupun biomaterial buatan.

Kendati demikian, Mirta menyarankan implan yang digunakan adalah yang berasal dari tulang rawan iga pasien karena akan lebih mudah diterima oleh jaringan tubuh pasien itu sendiri.

Baca juga: Cegah Anemia, Danone Gandeng 1.700 Pelajar Jadi Duta Generasi Sehat Indonesia

"Karena terbuat dari tulang rawan iga, pembuatan implan tersebut disarankan untuk dilaksanakan saat anak berumur 6-8 tahun dengan lingkar dada mencapai 60 centimeter," terangnya.

Ia juga tidak menyarankan orang-orang berusia di atas 30 tahun untuk melakukan implan daun telinga dengan tulang rawan iga karena pada umur tersebut, tulang rawan umumnya sudah mengalami osifikasi atau pengerasan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat