visitaaponce.com

Penyelenggara Umrah Naik Signifikan, Edukasi Calon Jemaah Dibutuhkan

Penyelenggara Umrah Naik Signifikan, Edukasi Calon Jemaah Dibutuhkan
Edukasi bagi jemaah umrah dibutuhkan terkait teknis ibadah, persiapan kesehatan dan sebelum keberangkatan, serta menghindari kasus penipuan.(Ist)

JUMLAH penyelenggara umrah di Indonesia naik secara signifikan sejak pandemi covid-19 yakni dari 900-an agen kini jadi sekitar 2.230 agen (travel) penyelenggara umrah.

Kondisi tersebut memicu persaingan harga jadi lebih ketat di pasaran. Namun, tidak semua agen penyelenggara umrah memiliki kualitas dalam pelayanan.

Baca juga: Rincian Biaya Umroh 2023 untuk Dua Orang

Direktur Program Khaira Berkah Mandiri (KBM) Travel Labbayk Haramayn Rahma Viayanti mengatakan ada beberapa ciri travel perjalanan umrah yang terpercaya sehingga dapat diandalkan dalam hal kualitas pelayanan.

Di antaranya, memiliki izin resmi serta terdaftar, menerapkan sistem manajemen bermutu, mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan, dan memiliki tenaga profesional juga berpengalaman.

"Ciri-ciri lainnya yakni, travel perjalanan umrah perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang aturan dan regulasi umrah, serta memiliki hubungan kuat dengan penyedia layanan di Arab Saudi," kata Rahma dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/11).

Ia menjelaskan berbeda dengan yang lain, Travel Labbayk Haramayn tetap mempertahankan kualitas pelayanan kepada calon jemaah umrah melalui edukasi. Tujuannya supaya mereka lebih mudah untuk memilih jenis paket perjalanan umrah yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: LPHU PP Muhammadiyah Sinergikan Ekosistem Haji dan Umrah

Menurut dia, pemberian ilmu mengenai umrah bagi jemaah juga sebenarnya bagian investasi bagi agen perjalanan umrah.

"Kita harus menyadari bahwa pengetahuan orang mengenai umrah itu beda-beda tergantung dari latar belakangnya. Tidak semua orang memahami apa itu umrah seperti soal teknis ibadah, persiapan sebelum keberangkatan, persiapan kesehatan, serta menghindari kasus penipuan perjalanan umrah hanya karena melihat dari harga murah," jelasnya.

"Jadi tidak hanya menjalankan bisnis. Tiap perjalanan umrah memberikan kesempatan untuk mengedukasi jemaah mengenai umrah. Karena itu, butuh waktu lama dalam mempersiapkan jemaah umrah agar memiliki pengetahuan yang cukup," tambahnya.

Itu sebabnya, lanjut Rahma, Travel Labbayk Haramayn terus memberikan edukasi kepada calon jemaah umrah, seperti dilakukan saat ini dengan melakukan roadshow di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan sekitarnya.

"Melalui edukasi diharapkan bisa jadi jembatan bagi para calon jemaah untuk berkonsultasi dengan konsultan umrah," pungkas Rahma. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat