visitaaponce.com

Hari Anti Narkoba Sedunia Jadi Momentum Memutus Mata Rantai Narkoba di Indonesia

Hari Anti Narkoba Sedunia Jadi Momentum Memutus Mata Rantai Narkoba di Indonesia
Polisi menunjukkan barang bukti kasus laboratorium rahasia narkoba saat rilis di Polres Bogor, Kabupaten Bogor, Rabu (19/6/2024).(MI/DEDE SUSIANTI)

SOSIOLOG Universitas Indonesia (UI) Rissalwan Habdy Lubis mengatakan bahwa hari anti narkoba sedunia menjadi pengingat bagi seluruh pihak akan bahaya narkoba bagi masa depan dunia.

“Hari anti narkoba juga menjadi momentum bagi kita semua untuk merapatkan barisan guna memutus mata rantai supply narkoba dengan memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pengedar dan juga pengguna narkoba yang berulang,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (26/6).

Selain itu, Rissalwan menambahkan bahwa mata rantai demand narkoba juga harus diputus dengan cara mengendalikan aktivitas dunia malam yang identik dengan arena perdagangan narkoba.

Dia merasa dalam hal ini pemerintah harus melakukan tindakan yang serius dan tegas untuk memutus mata rantai narkoba di Indonesia saat ini.

“Pemerintah harus serius mendukung upaya memutus mata rantai perilaku yang dekat dengan narkoba ini dengan cara secara regular melakukan kampanye dan gerakan sosial anti narkoba, terutama di sekolah-sekolah, kalau perlu menjadikannya salah satu kegiatan ekstrakurikuler khusus,” pungkas Rissalwan. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat