visitaaponce.com

Tangkal Narkoba di Kampus, Universitas Pancasila Diapresiasi BNN

Tangkal Narkoba di Kampus, Universitas Pancasila Diapresiasi BNN
Penghargaan untuk Universitas Pancasila dari BNN(Dok. Istimewa)

UNIVERSITAS Pancasila Jakarta meraih penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai salah satu institusi pendidikan yang berperan aktif dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Penghargaan ini diberikan BNN kepada institusi maupun individu dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2020, yang peringatannya dilaksanakan secara virtual 26 Juni 2020) dengan tema “Hidup 100 persen di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”.

Penghargaan BNN diterima Rektor Universitas Pancasila Wahono Sumaryono, yang diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RB Tjahjo Kumolo didampingi Kepala BNN Komjen Heru Winarko.di kampus Universitas Pancasila, Jakarta, Selasa (30/6).

Wahono mengatakan, Universitas Pancasila menyadari perannya yang sangat strategis dalam menyiapkan generasi muda, yang memiliki kemampuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta memiliki akhlak dan moral sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Karena itu, Universitas Pancasila memberikan perhatian sangat serius atas meningkatnya penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Untuk mencegah peredaran narkoba dalam kampus secara konsisten dan berkesinambungan Universitas Pancasila selalu bekerjasama dengan berbagai pihak seperti BNN, Kepolisian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jajaran pemerintah daerah, para alumni Universitas Pancasila, serta instansi terkait lainnya.

Baca juga : Digelar Secara Drive-thru, Wisuda di SD ini Berlangsung Khidmat

"Penghargaan yang diraih Universitas Pancasila ini merupakan bentuk apresiasi atas konsistensi Universitas Pancasila melakukan berbagai kegiatan pemberantasan narkoba di lingkungan kampus .Hal ini menambah motivasi dalam meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat, khususnya di lingkungan kampus kami, " tegas Wahono.

Adapun bentuk komitmen Universitas Pancasila dalam upaya pencegahan dan penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba diantaranya melalui penetapan kebijakan yang mendukung usaha untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Beberapa diantaranya ialah dibentuknya Satgas Anti Narkoba, bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Pancasila (KAUP). Kemudian ditetapkannya kebijakan wajib Test Urine bagi seluruh mahasiswa baru Universitas Pancasila.

Universitas Pancasila juga memberlakukan persyaratan bebas Narkoba untuk Calon Ketua Senat dan BP di Universitas dan Ketua Senat dan Ketua BPM di Fakultas. Selain itu, penetapan sanksi bagi mahasiswa yang terbukti terlibat dalam kegiatan penyalahgunaan narkoba.

"Melalui Satgas Anti Narkoba dan juga sivitas akademika lainnya, telah dilaksanakan berbagai kegiatan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penindakan terhadap kegiatan penyalahgunaan narkoba dilingkungan Universitas Pancasila," pungkas Wahono. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat