visitaaponce.com

Hari Adopsi Sedunia 2023 Memperingati Hak Anak untuk Memiliki Keluarga

Hari Adopsi Sedunia 2023: Memperingati Hak Anak untuk Memiliki Keluarga
Ilustrasi(Freepik)

DUNIA merayakan World Adoption Day atau Hari Adopsi Sedunia, sebuah perayaan yang tidak hanya menjadi tonggak peringatan, tetapi juga sebuah panggilan untuk menegaskan hak setiap anak memiliki keluarga yang penuh kasih.

Sejarah Hari Adopsi Sedunia

Perayaan Hari Adopsi Sedunia dimulai pada 2014. Hari ini dirayakan untuk menghormati dan memberikan sorotan pada perjalanan adopsi, yang sering bermula dari situasi yang menyakitkan ketika seorang anak terpisah dari keluarga biologis mereka.

Baca juga: Larangan Hak Adopsi Pasangan Gay Italia Diprotes

Adopsi adalah sebuah proses yang memberikan hak hukum pada anak yang tidak dapat diasuh keluarga biologis mereka untuk menjadi bagian dari keluarga yang baru, diberikan hak dan perlindungan hukum yang sama.

Misi World Adoption Day: "Dunia Tanpa Anak Yatim, Keluarga untuk Setiap Anak"

Misi perayaan Hari Adopsi Sedunia adalah menciptakan kesadaran akan pentingnya hak setiap anak memiliki keluarga yang penuh kasih, serta menegaskan tujuan untuk meniadakan status anak yatim. 

Baca juga: PBB Ungkap Anak-anak Ukraina Diadopsi Paksa Rusia

Menurut situs resmi World Adoption Day, mayoritas adopsi dimulai dari situasi yang menyakitkan saat seorang anak terpisah dari orangtua kandung mereka. Inisiatif ini menggarisbawahi kebutuhan akan perhatian terhadap anak-anak yang membutuhkan keluarga yang stabil.

Manfaat dan Pentingnya Adopsi

Menurut Adoption UK, adopsi memiliki sejumlah manfaat bagi anak dan keluarga. Ini memberikan kesempatan bagi anak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih stabil, kasih sayang, dan keberlanjutan dalam pengasuhan, serta memungkinkan mereka merasakan cinta dari keluarga baru mereka.

Pilihan untuk mengadopsi anak tidak terbatas pada pasangan suami istri. 

Beberapa negara juga memperbolehkan orangtua tunggal untuk mengadopsi anak. Misalnya, India memperbolehkan pria lajang atau tunggal untuk mengadopsi anak laki-laki, sementara di Tiongkok, perempuan  di atas 30 tahun diperbolehkan mengadopsi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Hari Adopsi Sedunia bukan hanya sebuah peringatan, melainkan panggilan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya adopsi bagi anak-anak yang membutuhkan keluarga yang stabil dan penuh kasih. Acara ini juga menyoroti keberagaman keluarga dan mengangkat hak setiap anak untuk memiliki lingkungan keluarga yang aman dan penuh kasih.

Peringatan Hari Adopsi Sedunia tidak hanya merayakan anak-anak yang telah menemukan keluarga baru mereka, tetapi juga mendorong komunitas untuk memperluas jaringan cinta dan dukungan bagi mereka yang masih menantikan kehangatan keluarga yang baru. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat