visitaaponce.com

Inilah 3 Cara Atasi Kulit Keriput dan Kusam Secara Alami

Inilah 3 Cara Atasi Kulit Keriput dan Kusam Secara Alami
Cara mengatasi kulit kusam(Ist)

Kulit wajah keriput dan kusam bukan hanya dimiliki oleh kelompok lanjut usia, melainkan dari berbagai hal seperti kebiasaan hidup tidak sehat hingga faktor hormonal yang akan berdampak pada kulit wajah. Memiliki kualitas jam tidur tidak sehat dan cenderung singkat salah satu penyebab kulit wajah akan kusam dan keriput.

Bukan itu saja, bisa juga dari paparan sinar matahari tanpa adanya perlindungan kulit, radikal bebas, dan kurangnya mengkonsumsi cairan.

Penuaan dini akan terjadi jika melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Penuaan dini akan muncul kerutan, garis-garis halus, noda hitam, kulit menjadi tidak seelastis sesuai umurnya.

Baca juga: Lapisanan Struktur Kulit Manusia dan Fungsinya

Mengatasi wajah kusam dan wajah keriput memiliki beberapa metode, jika menyukai metode alamiah maka berikut rekomendasi mengatasi wajah kusam dan keriput yang bisa dilakukan dan dapat di temui di rumah.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki zat linoeic acid dimana zat tersebut ampuh dalam menjaga kadar air pada kulit wajah. Memiliki kandungan antioksidan yang disebut polifenol dapat melindungi sel-sel kulir dari kerusakan paparan sinar matahari ultraviolet atau radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput dan flek hitam.

Baca juga: Ini Tips Agar Kulit Kepala Tetap Sehat di Musim Hujan

Dengan minyak zaitun akan membuat kulit kencang dan glowing, serta dapat membantu menghilangkan sel kulit mati di wajah agar tampak bersih dan bersinar. Cara menggunakannya ialah:

Mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu
Aduk hingga merata supaya menjadi masker wajah
Oleskan pada permukaan wajah yang telah dibersihkan dahulu
Diamkan masker sampai mengering berkisar 20 menit, usahakan jangan sampai masker retak
Bilaslah dengan air bersih ketika masker sudah mengering

2. Lemon

Buah akan kaya vitamin C dan asam nitrat ini dapat membantu kulit lebih cerah secara alami, dan kulit kusam akan hilang. Dengan catatan memakai masker buah lemon secara rutin, pemakaian rutin buah lemon akan meningkatkan produksi kolagen

Masker lemon juga akan meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengencangkan kulit. Berikut cara membuat masker dengan buah lemon:
Peras buah lemon
Campurkan perasan buah lemon degan 1 sendok teh yogurt
Oleskan masker lemon ke wajah dan secara merata
Diamkan hingga kering kurang lebih 15 menit
Bilas sampai bersih. HIndari penggunanaan pada mata, karena mata akan terasa pedih jika terkena.

3. Kunyit

Tak disangka kunyit salah satu bahan rempah makanan dapat menjaga kulit agar tetap glowing dan awet muda. Kunyit memiliki antioksidan dan anti inflamasi yang dapat menghambat penuaan di wajah. Kandungan bioaktif pada kunyit atau biasa disebut kurkumin efektif memutihkan wajah.

Kurkumi merupakan sejenis antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas serta melindungi kulit dari sinat ultraviolet. Cara membuat masker kunyit dibutuhkan juga air mawar, berikut cara membuatnya:
Sediakan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 3 sendok teh air mawar
Campurkan hingga merata dan bertekstur pasta
Oleskan pada wajah hingga leher
Diamkan hingga mengering kurang lebih 20 menit
Bilas sampai bersih

(Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat