visitaaponce.com

FIK UI Dorong Kesejahteraan Janin di Sukabumi

FIK UI Dorong Kesejahteraan Janin di Sukabumi
Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI(Ist)

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melaksanakan program pengabdian masyarakat di wilayah Cicantayan, Sukabumi. Program pengabdian kali ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan janin melalui penghitungan gerak.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI Wiwit Kurniawati menjelaskan, kegiatan ini didukung penuh oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI, Pemerintahan Sukabumi, serta DPK PPNI RSUI. Menurut dia, kematian bayi, terutama yang terjadi pada bulan pertama setelah lahir atau dikenal sebagai kematian neonatal, dapat dicegah dengan melakukan pemantauan kesejahteraan janin selama kehamilan

“Oleh karena itu, FIK UI mengambil langkah nyata dengan mengajak kader kesehatan dan ibu hamil untuk terlibat aktif dalam penghitungan gerak janin,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/11).

Baca juga: Bumame Luncurkan NIFTY Core untuk Deteksi Jenis Kelamin dan Risiko Janin

Menurut dia, timm pengabdian menyampaikan pentingnya menghitung gerak janin sebagai indikator pertumbuhan dan perkembangan janin. Dalam kegiatan ini, FIK UI memberikan edukasi kepada peserta melalui booklet dan poster mengenai tata cara menghitung gerak janin. 

“Program ini tidak hanya memberdayakan, tetapi juga memberikan alat praktis berupa kartu pemantauan gerak janin untuk membantu ibu hamil mencatat gerak janin dan mengidentifikasi perubahan yang mungkin terjadi,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat