visitaaponce.com

Langkah Membummi Festival Wujudkan Kolaborasi Hadapi Tantangan Iklim

Langkah Membummi Festival Wujudkan Kolaborasi Hadapi Tantangan Iklim
Aksi kolaborasi mengelola sampah di Langkah Membumi Festival 2023(Dok. Blibli)

AJANG Langkah Membumi Festival yang digelar Blibli Tiket dan Ecoxyztem menggaungkan semangat kolaborasi dalam menghadapi tantangan krisis iklim. 

Dengan melibatkan 130 pelaku industri, ecopreneur, dan aktivis lingkungan, festival itu menginspirasi perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan lewat berbagi pengetahuan dan pemberdayaan, mengundang antusiasme 5.000 pengunjung yang tergerak berpartisipasi. 

Inisiatif itu berhasil mengumpulkan sebanyak 330 kg sampah terpilah dari para pengunjung, dengan komposisi 108,9 kg plastik dan 72,6 kg sampah kertas atau kardus yang selanjutnya dikelola oleh Waste4Change dengan sistem zero waste to landfill atau tidak ada sampah yang berakhir di TPA. 

Baca juga : Presiden Jokowi Bertolak ke Dubai untuk Hadiri COP28

Dengan dukungan aksi plogging oleh World Clean Up Day Indonesia untuk membersihkan sampah di area Car Free Day Senayan dan berakhir SCBD, semakin memperkuat semangat 'One Action, One Earth', yang menjadi inti dari inisiatif tersebut.

COO & Co-Founder Blibli Lisa Widodo mengatakan,  Langkah Membumi Festival menjadi tonggak awal dalam mendorong perubahan menuju praktik yang berkelanjutan.

Baca juga : Anak Muda Inginkan Pemimpin Pro Iklim pada Pemilu 2024

“Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 dan tujuan Sustainable Development Goals (SDG) pilar 12, 13, dan 17, yang menekankan pada konsumsi yang bertanggungjawab, penanggulangan perubahan iklim, dan pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan sustainable growth di Indonesia,” ujarnya.

Chief Commercial Officer Ecoxyztem Andreas Pandu Wirawan mengatakan keberlanjutan bukan sekadar komitmen, tapi prinsip yang seharusnya mengintegrasikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

“Kami berterima kasih dipercaya menjadi mitra strategis dalam penyelenggaraan Langkah Membumi Festival 2023 yang membantu mengangkat peran strategis ecopreneur dalam menjembatani perubahan bersama pelaku industri melalui inovasi dan inisiatif yang berkelanjutan. Semoga setelah acara ini, kita semua dapat meneruskan semangat perubahan ini karena setiap langkah kecil dan investasi kita berarti bagi Bumi,” ujarnmya.

Untuk memperkenalkan gaya hidup dan praktik bisnis berkelanjutan kepada masyarakat luas, Langkah Membumi Festival memfasilitasi berbagi pengetahun yang dikemas dalam beragam pendekatan menarik. 

Selama dua hari penyelenggaraan, total 150 peserta mengikuti 7 lokakarya yang digelar, diikuti kaum muda dan keluarga. Mulai dari pembuatan parfum dengan minyak esensial oleh Atsiri Indonesia, daur naik baju lama bersama Setali, daur naik pet toys didukung Liberty Society, pembuatan tempe organik oleh Demi Bumi, hingga teknik pengomposan bahan organik oleh Kebun Kumara. 

Art installation edukatif turut menarik perhatian pengunjung, seperti edukasi memilah sampah persembahan Dusdukduk, serta instalasi seni Aquifer persembahan iForte berkolaborasi bersama Digital Nativ, mengungkap hubungan antara kota dan salah satu sumber daya terpentingnya air tanah. 

Antusiasme juga terlihat dari partisipasi aktif setidaknya 1000 pengunjung di sejumlah rangkaian kegiatan lainnya, mulai dari kegiatan pound fit, hitung jejak karbon bersama CarbonEthics, pilah sampah dari rumah, uji emisi kendaraan, cek kesehatan, dan turut berdonasi penanaman pohon lewat LindungiHutan. 

Langkah Membumi Festival juga berperan sebagai wadah untuk mengumpulkan ide dan gagasan keberlanjutan, tercermin melalui Langkah Membumi Networking yang dihadiri oleh ecopreneur, mitra strategis dan penggiat sustainability, digagas bersama Paloma Sjahrir Foundation dan TS Media. Sejumlah penggiat sustainability tampak hadir, mulai dari Cinta Laura, Luna Maya, Tamara Wu, Liliana Tanoesoedibjo, dan Miss World Indonesia 2022 Audrey Vanessa. 

Selain itu, berbagai bahasan menarik juga dituangkan dalam 9 sesi diskusi dan 4 ecopreneur business pitch. Dalam salah satu diskusi bertajuk “KolaborAksi Ekosistem Berkelanjutan”, Eddy Lukita, VP of Automotive Category Blibli, mengungkap kesiapan infrastruktur dan aksesibilitas menjadi kunci dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. 

“Di sini Blibli dengan track recordnya sebagai trusted e-commerce partner untuk beragam produk otomotif mengemban peran menjembatani penyaluran insentif subsidi untuk motor listrik, bermitra dengan pihak pembiayaan sekaligus memastikan terselenggaranya edukasi kolaboratif yang melibatkan pemerintah dan sektor swasta,” katanya.

Musisi papan atas tanah air, seperti Barasuara dan Diskoria, ikut andil menggaungkan semangat kolaborasi di festival ini. Lantunan musik yang dibawakan mengundang sing along dari ratusan anak muda, menjadi penutup manis yang menandai berakhirnya Langkah Membumi Festival tahun ini.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat