visitaaponce.com

Baznas Donasi Masyarakat Indonesia untuk Warga Palestina Capai Rp 91 Miliar

Baznas: Donasi Masyarakat Indonesia untuk Warga Palestina Capai Rp 91 Miliar
Ketua Baznas, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.(Ist)

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatat jumlah dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari seluruh lapisan masyarakat terhimpun sebesar Rp91,675,168,459 miliar.

Dalam acara “Public Report Pengumpulan dan Penyaluran Program Membasuh Luka Palestina” yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (30/11), Baznas menyampaikan rencana alokasi penyaluran bantuan akan dilakukan menjadi tiga tahap.

Tahapan tersebut yakni tahap tanggap darurat yang berlangsung pada November-Desember 2023, tahap masa recovery yang diperkirakan akan dilakukan pada Januari-Februari 2023, dan tahap masa rekonstruksi yang akan dilakukan dengan melihat perkembangan kondisi di Gaza, Palestina.

Baca juga: Dirut BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Bantuan Melalui Baznas: Bentuk Peduli Kemanusiaan Internasional

Dalam kesempatan ini, Baznas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para donatur yang terdiri dari berbagai instansi dan lembaga, termasuk perusahaan-perusahaan lokal Indonesia dan para karyawannya yang telah bersama-sama bergotong-royong membantu saudara di Palestina.

“Apa yang sudah kami terima luar biasa, baik itu berupa uang maupun barang. Sejak kami launching bantuan untuk membasuh luka Palestina di akhir Oktober, ternyata sampai dengan sekarang ini responsnya sangat besar sekali," jelas ucap Ketua Baznas, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.

"Bahkan sampai dengan sekarang ini masih terus berlangsung. Ini adalah sebuah kekuatan yang sangat masif, dan kami masih akan tetap membuka sampai dengan akhir tahun, 31 Desember 2023,” ucap KH. oor Achmad.

Baca jugaBaznas-Bulan Sabit Merah Mesir Kerja Sama Program Membasuh Luka Palestina

Hingga November, berikut adalah perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah mendukung upaya kemanusiaan di jalur Gaza, Palestina.

PT Paragon Innovation and Technology atau yang dikenal sebagai ParagonCorp, perusahaan yang memproduksi berbagai brand kecantikan asal Indonesia seperti Wardah, Make Over, Labore, Emina, Kahf, Tavi, dan lainnya, memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp1 miliar yang disalurkan melalui Baznas pada 2 November 2023.

Selain bantuan dana, PT Paragon Innovation and Technology juga memberikan bantuan natura berupa 1.500 sampo dan 1.500 sabun melalui Baznas, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap umat.

Dari industri F&B, PT Rekso Nasional Food, pemegang waralaba McDonald’s di Indonesia di Indonesia, juga turut menyumbangkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk Palestina yang disalurkan melalui Baznas.

Baca juga: Warga Palestina Terima Bantuan Air Bersih Hingga Makanan dari Baznas RI

Dalam pernyataan resminya, PT Rekso Nasional Food menyampaikan dukungannya atas berbagai upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk Palestina, termasuk mendorong percepatan bantuan kemanusiaan untuk Gaza

“Kami sangat prihatin melihat semakin banyaknya warga yang terdampak akibat krisis kemanusiaan di Gaza. Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, sekaligus langkah awal yang perusahaan lakukan untuk meringankan beban saudara kita di Palestina,” jelas HR & GS Director PT Rekso Nasional Food, Yulianti Hadena.

Sementara itu, Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) menyalurkan donasi kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp125 juta. Donasi yang diberikan ini berasal dari karyawan Telkomsel yang dihimpun selama tiga pekan.

Ketua I MTT Novi Faldian mengatakan,  bantuan kemanusian tersebut merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas untuk rakyat Palestina.

Tambahan lainnya dari industri kecantikan Indonesia juga turut menyatakan dukungannya untuk Palestina. Selain ParagonCorp, Esqa Cosmetics (Esqa) menyumbangkan donasi sebesar Rp 600 juta untuk masyarakat sipil Palestina di Gaza.

Baca juga: MS Glow Serahkan Donasi Kemanusiaan Bagi Palestina Rp1 Miliar melalui Baznas

Bantuan ini disalurkan melalui dua lembaga kredibel yang selama ini aktif menyalurkan bantuan ke warga Palestina yaitu Baznas dan Palestine Children’s Relief Fund (PCRF).

Merk kecantikan Rose All Day juga hadir dalam barisan yang memberikan dukungan terhadap Palestina.

Untuk membantu korban kebrutalan Israel, brand yang didirikan pada 2017 ini memberikan donasi kemanusiaan senilai Rp500 juta yang disalurkan lewat Baznas.

PT Esteh Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang minuman di tanah air manyalurkan infak kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp100 juta, sebagai wujud kepedulian dan solidaritas untuk rakyat di Gaza Palestina.

"Infak ini merupakan berasal dari keuntungan dan program CSR. Ke depan kita pasti kembali salurkan bantuan serta berkolaborasi dengan Baznas, sebab menjadi lembaga yang sangat terpercaya," ucap Direktur Utama PT Esteh Indonesia, Haidar Hibatullah Wurjanto.

Perusahaan multivitamin PT. YOU Indonesia memberikan infak kemanusiaan palestina sebesar Rp125 juta. Bantuan yang diberikan merupakan solidaritas dari para karyawan dan perusahaan PT YOU Indonesia terhadap masyarakat Palestina.

"PT YOU Indonesia akan berusaha menggalang bantuan kembali untuk Palestina. Bantuan tahap selanjutnya akan kami  salurkan untuk pembangunan di Palestina," ucap Head of Human Resources and General Affairs PT YOU Indonesia Mia Agustina. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat