visitaaponce.com

Gempa Sukabumi, BMKG Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa Sukabumi, BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan
Ilustrasi(Istimewa)

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/12) pagi pukul 06.35 WIB. Gempa tektonik tersebut berkekuatan magnitudo 4,6.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengatakan pusat gempa terletak pada koordinat 6.76 LS dan 106.53 BT, atau berlokasi di darat pada jarak 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 5 kilometer.

"Jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalamannya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," jelas Hartanto melalui keterangan resmi, Kamis (14/12).

Baca juga: Gempa Berpusat di Sukabumi, Terasa Hingga Depok

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Masyarakat dihimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandas Hartanto.

Adapun, gempa tersebut memiliki dampak getaran dengan Skala Intensitas III - IV MMI.

Baca juga: BMKG Deteksi Tiga Zona Aktif Gempa di Wilayah Jawa Barat, Ini Lokasinya!

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu pada siang hari, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi di Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Bogor dengan skala Intensitas III MMI," tuturnya.

Getaran juga dirasakan sampai Ciputat, Tangerang Selatan, dengan Skala Intensitas II - III MMI. Kemudian di Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI. Rangkaian gempa berdasarkan monitoring sejak 6 Desember 2023 hingga 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB sudah terjadi sudah terjadi sebanyak 50 kali di lokasi yang berdekatan.

(Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat