visitaaponce.com

BMKG Deteksi Tiga Zona Aktif Gempa di Wilayah Jawa Barat, Ini Lokasinya

BMKG Deteksi Tiga Zona Aktif Gempa di Wilayah Jawa Barat, Ini Lokasinya!
Peta patahan aktif Cugenang di Cianjur, Jawa Barat dari BMKG.(BMKG)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya tiga zona aktif gempa di wilayah Jawa Barat sejak 1 November 2023 hingga 9 Desember 2023.

Pertama, zona aktivitas gempa swarm di Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang dan Nanggung Kabupaten Bogor. Hingga kini BMKG mencatat telah terjadi 32 gempa swarm dengan kekuatan terkecil M1,8 dan terbesar M4,0.

“Ada 3 gempa dirasakan dengan magnitudo M 3.0 - 4.0 hingga bbrp rumah mengalami kerusakan ringan,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Minggu (10/12).

Baca juga: Sejumlah Bangunan di Kota Bogor Rusak Akibat Gempa

Di samping itu, ada aktivitas gempa di Zona Cianjur tepatnya di sesar Cugenang. Hingga kini telah terjadi 12 kali gempa. Sebanyak enam gempa diantaranya dirasakan dengan magnitudo M2,0 hingga M2,9.

Selanjutnya, Zona Sesar Garut Selatan (Garsela) yang memicu Gempa di Kabupaten Garut hingga Kabupaten Bandung sebanyak 8 kali dengan kisaran magnitudo M2.1 hingga M2.7 beberapa diantaranya dirasakan.

Baca juga: BMKG Catat Ada Aktivitas Gempa Swarm di Kabupaten Bogor

Menurut Daryono, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap mengikuti perkembangan informasi dari kanal resmi BMKG. Adapun, untuk jangka panjang, masalah gempa yakni solusinya hanya membangun rumah dengan struktur kuat.

“Ikatan kolom dan balok kuat. Jika belum mampu bangun rumah struktur kuat ya bangun rumah yang menarik dari bahan ringan dari kayu atau bambu. Kita jangan pernah takut hidup di batas lempeng jika kita tahu ilmunya,” pungkas Daryono.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat