visitaaponce.com

BMKG Catat Ada Aktivitas Gempa Swarm di Kabupaten Bogor

BMKG Catat Ada Aktivitas Gempa Swarm di Kabupaten Bogor
Ilustrasi.(ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya gempa swarm yang terjadi di wilayah Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, dan Nanggung, Kabupaten Bogor sejak Rabu (6/12) hingga hari ini Sabtu (9/12).

“Telah terjadi sebanyak 28 kali gempa dengan magnitudo terkecil 2,0 dan terbesar 4,0 dengan gempa dirasakan warga sebanyak tiga kali,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Sabtu (9/12).

Seperti diketahui, gempa swarm merupakan serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian tinggi yang berlangsung dalam waktu relatif lama di suatu kawasan.

Baca juga: Wilayah Ini Perlu Waspadai Bencana Hidrometeorologi Sepekan Ke Depan

Menurut Daryono, aktivitas swarm terjadi di kecamatan Pamijanan dan Nanggung diduga terkait dengan perubahan tekanan atau stress change akibat aktivitas volkanik tektonik.

“Aktivitas gempa swarm saat ini serupa yang terjadi pada Agustus 2019 lalu. Saat itu terjadi sebanyak 673 kali, dengan gempa signifikan sebesar lebih dari 5 magnitudo sebanyak 22 kali yang guncanganya dirasakan sebanyak 56 kali,” beber dia.

Baca juga: Letusan Gunung Marapi Berdampak Serius bagi Jalur Penerbangan

Daryono menyatakan, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucapnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat