visitaaponce.com

5 Fakta Sesar Sumedang Penyebab Gempa di Akhir Tahun 2023

5 Fakta Sesar Sumedang Penyebab Gempa di Akhir Tahun 2023
Mekanisme sumber, sebaran episenter dan orientasi jalur segmen Sesar Sumedang.(BMKG)

BADAN Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) akhirnya bisa memetakan sesar aktif yang menjadi pemicu gempa bumi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar) pada pergantian Tahun 2024. Sesar ini melintasi kawasan perkotaan Sumedang dari utara ke selatan, sehingga diberi nama Sesar Sumedang.

Berikut ini fakta mengenai Sesar Sumedang, seperti yang dikemukakan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. 

Berdasarkan perkembangan analisis sesar pemicu gempabumi M4.8 Sumedang dan hasil survey lapangan, tim BMKG menemukan sejumlah fakta baru dengan data-data sebaran gempa bumi susulan, tatanan tektonik dan analisis mekanisme sumbernya.

Baca juga : Sesar Sumedang Penyebab Rentetan Gempa di Sumedang pada Awal Tahun

Fakta Sesar Sumedang

1. Sesar Sumedang belum terpetakan sebelumnya

Gempa bumi tersebut disebabkan oleh sesar aktif yang melewati Kota Sumedang. BMKG menyampaikan, sesar ini belum terpetakan sebelumnya.

"Awalnya belum terpetakan, untuk selanjutnya sesuai analisis data seismisitas BMKG menyebutnya sebagai Sesar Sumedang. Analisis ini dilakukan dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya," terangnya.

2. Sesar Sumedang sebabkan gempa bumi kerak dangkal

Menurut Dwikorita, BMKG pun menyatakan gempa bumi tersebut merupakan gempabumi kerak dangkal, akibat aktivitas sesar aktif. Dengan mekanisme sumber merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik, berarah cenderung Utara-Selatan. Itu semua dapat terukur sehingga akhirnya bisa teridentifikasi patahan atau sesar apa yang menyebabkan gempa.

Baca juga : Rentetan Gempa Jabar dan Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

3. BMKG minta Pemkab Sumedang perbaiki tata ruang 

Dengan identifikasi adanya Sesar Sumedang ini, BMKG langsung berkoordinasi dengan Bupati Sumedang untuk segera menyesuaikan rencana tata ruang di wilayahnya dalam memitigasi dampak gempa di kemudian hari.

"Beliau memberi respon sangat positif dan segera menyempurnakan rencana tata ruang (RTR) wilayah di Kabupaten Sumedang serta menyempurnakan aturan standar bangunan tahan gempa," ungkap Dwikorita.

Pihaknya bersama Pemkab Sumedang segera memperkuat edukasi kebencanaan. Fakta yang ada, bukan untuk ditutupi atau dihindari, tetapi justru yang dihindari adalah bencananya atau risikonya.

Baca juga : Gempa Sumedang Akibat Sesar yang Belum Terpetakan

4. Pemkab Sumedang harus evaluasi standar bangunan tahan gempa

Dwikorita menekankan Pemkab Sumedang, perlu melakukan evaluasi RTR Wilayah Kabupaten Sumedang dengan mempertimbangkan Peta Zona Bahaya Gempabumi serta pelamparan sesar aktif, Sesar Sumedang. Kemudian meminta evaluasi dan penerapan Building Code atau aturan standar bangunan tahan gempa berdasarkan Peta Mikrozonasi berbasis Peak Ground Acceleration (PGA).

5. BMKG minta warga diedukasi soal temuan Sesar Sumedang

BMKG juga meminta pemda untuk mengedukasi dan sosialisasi kebencanaan yang berkesinambungan, terkait potensi bencana gempa bumi, maupun bahaya ikutannya, serta potensi bencana hidrometeorologi. Dalam hal itu BMKG siap untuk terus mendukung program edukasi tersebut," urainya.

Seperti diketahui, pada Minggu (31/12), terjadi gempa bumi tektonik di Sumedang. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi memiliki Magnitudo 4,8. Lokasi episenter gempa terletak pada koordinat 6.85° LS dan 107.94° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km Timur Laut dari pusat kota Sumedang dengan kedalaman pusat gempa 
(hiposenter) 5 km.

BMKG pun mencatat bahwa sebelum terjadi gempa bumi Magnitudo 4,8 ini telah didahului oleh gempa pendahuluan dengan magnitudo Magnitudo 4,1 kedalaman 7 km pada pukul 14.35 WIB dan Gempa kedua, Magnitudo 3,4 kedalaman 6 km pada pukul 15.38 WIB. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat