visitaaponce.com

Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19, Kelompok Rentan Diminta Kembali Vaksinasi Booster

Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19, Kelompok Rentan Diminta Kembali Vaksinasi Booster
Pemberian vaksin booster untuk pencegahan penularan Covid-19(Antara/Rivan Awal Lingga)

ANTIBODI yang diberikan oleh vaksin akan menurun dalam kurun 12 bulan. Karena itu, masyarakat, khususnya kelompok rentan, dianjurkan untuk kembali melakukan vaksinasi, terutama vaksinasi booster untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Sementara bagi orang-orang dewasa sehat sebetulnya booster tidak terlalu penting karena booster bukan satu-satunya pencegahan masih ada lagi pencegahan lainnya," kata Erlina Burhan, dokter Spesialis paru RSUP Persahabatan, Jumat (15/12).

Selain vaksinasi booster, Erlina menyebutkan, masyarakat juga diimbau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi nutrisi yang seimbang, adaptasi kebiasaan baru dengan cuci tangan, hindari kerumunan, pakai masker di ruang tertutup.

Baca juga : Pemerintah Harus Terus Jamin Vaksin Covid-19 bagi Kelompok Berisiko Tinggi

"Booster diutamakan bagi kelompok berisiko sementara yang sehat atau dewasa muda booster tidak jadi suatu hal yang harus degerakan," ucapnya.

Direktur Survelians dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Achmad Farchanny Tri Adryanto mengatakan, pemerintah akan mendistribusikan vaksin-vaksin ke daerah-daerah sebagai upaya peningkatan antibodi masyarakat dan menurunkan angka penularan.

"Pembiayaan pasien covid-19 di rumah sakit ditangani dengan pembiayaan BPJS Kesehatan dan obat-obatanya berdasarkan laporan dari dirjen farmalkes kemenkes masih ada dan tersedia dan menghitung kembali dan akan mendistribusikan di dinas-dinas kesehatan termasuk vaksin," ungkapnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat