visitaaponce.com

Kapan Isra Mikraj 2024 Berikut Tanggal dan Hari Liburnya

Kapan Isra Mikraj 2024? Berikut Tanggal dan Hari Liburnya
Kapan Isra Mikraj 2024?(Ist)

ISRA mikraj merupakan salah satu kejadian penting dalam agama Islam, di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan ke langit ketujuh dalam waktu semalam. 

Perjalanan Nabi Muhammad SAW bukanlah peristiwa biasa saja, perjalanan malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh, yang dikenal sebagai isra mikraj. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab di tahun ke-8 kenabian.

Secara unik, isra mikrajmenjadi momen di mana Allah SWT memberikan perintah langsung kepada Nabi Muhammad SAW, tanpa melalui perantara Malaikat Jibril seperti pada umumnya.

Baca juga: Pesan Wapres Mengenai Moderasi Beragama dalam Peringatan Isra Miraj

Isra mikraj sendiri bukan hanya satu peristiwa, melainkan terdiri dari dua bagian yang terjadi pada waktu yang berbeda. Bagian pertama, Isra, mencakup perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, di mana beliau melakukan perjalanan menggunakan Buraq.

Sedangkan bagian kedua, mikraj, mencakup perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Bumi ke langit ketujuh, yang kemudian dilanjutkan hingga bertemu dengan Sidratul Muntaha, tempat di mana Allah SWT memberikan perintah langsung kepada Nabi untuk mendirikan salat. Awalnya, perintah tersebut mencakup 50 kali salat sehari semalam.

Baca juga: Riza Patria Harap Lomba Pidato Bahasa Daerah Rayakan Isra Miraj Dilestarikan

Dalam pertimbangan kebijaksanaan dan keringanan bagi umatnya, jumlah salat kemudian dikurangi menjadi lima kali sehari semalam setelah permohonan Rasulullah untuk keringanan, menggambarkan kearifan dan rahmat Allah kepada umat manusia.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa terdapat juga di dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 1:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Kisah Miraj naiknya Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh juga berada di dalam surah Al-Najm ayat 13-18:

وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى (١٣) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (١٤) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (١٥) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (١٦) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (١٧) لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى (١٨

Artinya: "13. Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupa yang asli) pada waktu yang lain, 14. (yaitu) di Sidratul Muntaha. 15. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, 16. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. 17. Penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya itu[14] dan tidak (pula) melampauinya. 18. Sungguh, dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kebesaran) Tuhannya yang paling besar."

Namun, penanggalan peringatan isra mikraj 2024 bergantung pada kalender Hijriah, sehingga tanggal peringatannya dalam kalender Masehi akan bervariasi setiap tahunnya. Tanggal peringatan isra mikraj ditentukan berdasarkan kalender Hijriah, sehingga penanggalannya akan berfluktuasi setiap tahun dalam kalender Masehi.

Isra Miraj 2024 jatuh pada tanggal berapa?

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 8 Februari 2024 sebagai hari libur nasional untuk memperingati isra mikraj Nabi Muhammad SAW tahun 2024.

Kebijakan ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dikeluarkan oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kegiatan yang dilakukan selama Isra Miraj 

1. Membaca Al-Quran

Pembacaan Al-Quran dapat dilakukan sepanjang waktu, termasuk pada peringatan Isra Miraj. Allah SWT menyatakan dalam ayat 82 surat Al-Isra:

نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

Al-Qur'an diwahyukan sebagai penyembuh untuk berbagai penyakit jiwa, sehingga membaca Al-Qur'an secara rutin setiap hari dapat membawa kedamaian batin. Apalagi, membaca Al-Qur'an ketika memperingati Isra Miraj memiliki nilai pahala yang lebih besar.

2. Memperbanyak Istigfar

Peringatan isra mikraj jatuh pada bulan Rajab, yang dikenal sebagai bulan Istigfar di mana Allah dijanjikan untuk mengampuni dosa-dosa kita. Dalam buku 'Tiket ke Surga (Doa-doa Mustajab)' karya Abdul Majid dan Isfa'udin, disebutkan bahwa sayyidul istighfar dianggap sebagai rajanya doa. 

Mengucapkan doa ini diharapkan dapat menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Ketika memperingati hari isra mikraj, disarankan untuk membaca sayyidul istigfar pada pagi dan sore hari.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari dan An-Nasa'i)

3. Memperbanyak Sunnah

Untuk meningkatkan pahala pada hari isra mikraj, dapat ditingkatkan ibadah salat sunnah. Contoh salat sunnah yang bisa dilakukan antara lain adalah salat qobliyah ba'diyah, salat dhuha, dan salat tahajud.

Amalan-amalan tersebut bisa dijalankan baik pada hari isra mikraj maupun pada hari-hari berikutnya untuk menambah pahala. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat