visitaaponce.com

Jumah Pengunjung Naik, Kebun Raya Bogor Optimalkan Fasilitas dan Layanan

Jumah Pengunjung Naik, Kebun Raya Bogor Optimalkan Fasilitas dan Layanan 
Jumlah pengunjung ke Kebun Raya Bogor terus bertambah bersamaan libur panjang nasional di bulan Februari 2024.(Ist/Kebun Raya Bogor)

MASYARAKAT Indonesia saat ini tengah menikmati momen libur panjang dalam rangka peringatan Isra Miraj dan perayaan Tahun Baru Imlek yang dilanjutkan dengan akhir pekan.

Banyak dari mereka memilih berlibur ke Kebun Raya Bogor, untuk sekedar melepas penat dan menghirup udara segar. 

Sales and Marketing Manager Kebun Raya Bogor, Susi Suparlina menjelaskan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor mengalami peningkatan.

Baca juga : Bali Lantik Satpol PP Khusus Pariwisata. Apa Tugasnya?

Angka pengunjung mencapai 10.000 pada hari Kamis (8/2/2024), sementara Jumat (9/2/2024) pengunjung sekitar 7000. Angka pengunjung naik antara 1000 sampai 4000 jika dibandingkan pengunjung akhir pekan biasanya. 

“Kemarin di angka 10.000, hari ini diangka 7000. Untuk weekend biasanya 6.000. Sedangkan weekdays sekitar 3.000,” ungkap Susi dalam keterangan, Jumat (9/2/2024).

Untuk mengatasi lonjakan pengunjung, pihak Kebun Raya Bogor telah menyiapkan fasilitas dengan angka yang maksimal seperti sepeda, scooter, golf car dan shuttle bus. Pihak Kebun Raya Bogor juga memaksimalkan kesiapan staff di lapangan.

Baca juga : Sambut Valentine dan Imlek, Nusa Dua Bali dan The Mandalika Tawarkan Promo

Sebagai informasi, saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor, banyak hal bisa Anda eksplorasi.

Selain mengenal berbagai jenis tanaman, Anda juga bisa menikmati berbagai taman yang menarik. Anda bisa bersantai dan berfoto bersama di spot-spot foto yang Instagramable. 

Di Kebun Raya Bogor terdapat Kolam Gunting, Museum Zoologi, Taman Bambu, Makan Kuno Belanda, Taman Meksiko Taman Akutik, Griya Anggrek, Taman Soedjana Kasan, Taman Astrid dan berbagai tempat lainnya.

Baca juga : Libur Imlek 2024, Wisatawan Tiongkok Pilih Bali Sebagai Destinasi Wisata

Selain itu, jika Anda lapar dan haus, jangan khawatir, di Kebun Raya Bogor juga terdapat restoran dan kafe bahkan kedai-kedai yang menawarkan makanan dan minuman yang lezat.

Kebun Raya Bali

Selain Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Bali juga menyambut prediksi kenaikan pengunjung. Data yang diperoleh dari manajemen Kebun Raya mengenai jumlah pengunjung pada tahun 2022 menunjukkan angka yang mengesankan.

Baca juga : Hadir Lagi, Sunset di Kebun 2024 Bakal Digelar di Empat Kebun Raya

Rata-rata pengunjung harian berkisar di angka 500 pada periode weekdays dan akan melonjak sebesar 1000 – 2000 orang pada periode weekend.

Seperti lokasi wisata pada umumnya, Kebun Raya Bali juga meraih puncak angka pengunjung terjadi pada akhir tahun yaitu lebih dari 3000 pengunjung dalam sehari di periode weekend.

Pada tahun 2023, angka rata-rata pengunjung harian terus meningkat dengan angka kurang dari 1000 setiap harinya dan melonjak tinggi pada periode weekend dengan kisaran 1.500 – 3000 per hari serta lebih dari 5000 pengunjung pada akhir tahun.

Baca juga : BPS: Kunjungan Wisatawan Asing Turun 8,57% di Oktober 2023, Naik Secara Tahunan

Jumlah pengunjung tertinggi di Kebun Raya Bali tercatat di angka 11.000 yang dicapai pada perayaan tahun baru 2024.

Untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengunjung selama momen libur panjang, Kebun Raya Bali melakukan pengaktifkan loket tiket, yang pada hari biasa hanya tersedia dua loket, pada momen ini menjadi tiga.

Letaknya berada di jalur masuk mobil, skema ini berlaku untuk 4 hari berturut-turut dalam minggu ini.

Baca juga : Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

Tidak hanya loket tiket, lokasi penyewaan fasilitas seperti sepeda anak, sepeda listrik, dan mainan anak juga turut ditambah untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan transaksi dan menikmati keindahan Kebun Raya Bali dengan fasilitas yang ada. 

Selain fasilitas, management Kebun Raya Bali juga memperbolehkan akses mobil di dalam Kebun Raya pada momen ini.

Bagi pengunjung yang ingin membawa hewan peliharaan ke dalam area Kebun Raya untuk menambah kegembiraan juga diperbolehkan dengan pengawasan dari pemilik.

Baca juga : Dua Perusahaan Kolaborasi Kembangkan Wisata Olahraga di Mandalika dan Nusa Dua

Sambutan meriah terhadap momen libur panjang tentu belum lengkap tanpa adanya promo spesial.

Untuk teman #KebunRaya yang ingin mendapatkan penawaran special, bisa segera ke Kebun Raya dan kunjungi Visitor Center untuk info selengkapnya!. (S-4)

Baca juga : Manajemen ITDC Lakukan Transformasi untuk Dorong Kinerja

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat