visitaaponce.com

Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis
Debit air wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya menyusut drastis.(MI/Kristiadi)

MUSIM kemarau panjang menyebabkan susutnya debit air di kawasan objek wisata alam Situ Gede di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Penurunan debit air membuat lokasi tersebut sepi dari para wisatawan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Deddy Mulyana mengatakan, penurunan pengunjung terjadi tiga bulan setelah kejadian susutnya air di Situ Gede.

"Kawasan wisata Situ Gede memang selama itu selesai direvitalisasi oleh Pemprov Jabar. Awalnya itu memang kunjungan naik 75%, tapi dengan kondisi sekarang ini malah menurun hingga mencapai 80%," katanya, Jumat (29/9/2023).

Baca juga : Tahap I Revitalisasi Situ Gede Beres, Tahap ke II Dijadwalkan pada 2024

Pihaknya berupaya menarik kunjungan wisatawan kembali dengan sejumlah cara salah satunya mengaktifkan paket-paket wisata hingga menyiapkan mobil Ngulisik untuk mengantar para pelancong melihat daya tarik Kota Tasikmalaya

"Kesiapan kendaraan Ngulisik bisa ditawarkan untuk para penumpang yang turun dan paket wisata menjadi satu potensi terutama untuk kita pasarkan dan lebih memilih berkolaborasi dengan daerah lainnya yang memiliki potensi. Akan tetapi, kita memang tidak punya wisata alam yang ikonik tapi dengan dibukanya lagi bandara wiriadinata dapat meningkatkan para pengunjung terutama nginap di hotel bintang tiga dan empat," ujarnya.

Baca juga : Makam Kuno Muncul dari Waduk Gajah Mungkur

Sementara itu, Penjaga Pintu Air (PPA) Situ Gede, Popi Satia Triadi mengatakan, surutnya air Situ Gede sudah terjadi tiga bulan terakhir dan sumber utama air dari irigasi Cibanjaran kondisi sekarang sudah tidak lagi mengalir ke Situ Gede tapi ada lahan lain berasal dari mata air. Namun, untul luas lahan Situ Gede selama ini mencapai 47 hektare dan yang tergenang sekitar 15 hektare.

"Air Situ Gede yang dilanda kekeringan selama ini berdampak pada kunjungan perahu wisata, rumah makan termasuk tiket masuk menurun secara dratis. Akan tetapi, biasa pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan alam di tengah danau dan selanjutnya mereka makan bakar ikan tapi sekarang ini danaunya terlihat kering," paparnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat