visitaaponce.com

Sunset di Kebun Kembali Hadir dengan Musik, Kampanye Lingkungan, dan Edukasi untuk Konservasi

Sunset di Kebun Kembali Hadir dengan Musik, Kampanye Lingkungan, dan Edukasi untuk Konservasi
GM Event Kebun Raya, Abi Irawan di konferensi pers Sunset di Kebun di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (11/1).(MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan)

PUSAT konservasi tumbuhan dan destinasi wisata edukatif, Kebun Raya, terus berkomitmen dalam memajukan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan alam Indonesia. Sejak menjalin kemitraan strategis dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 1 Januari 2020, Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi, dan Bali telah menjadi wadah inovasi dan edukasi keanekaragaman hayati.

Salah satu pencapaian paling mencolok dari kolaborasi ini adalah Sunset di Kebun. Acara yang mengusung konsep pertunjukan musik yang menghadirkan suasana intim dan mendalam ini pertama kali digelar di Kebun Raya Bogor pada Mei 2022 lalu. Namun, tidak hanya sekadar hiburan, Sunset di Kebun juga menjadi platform untuk menyampaikan pesan kecintaan lingkungan dan upaya konservasi.

GM Event Kebun Raya, Abi Irawan, mengungkapkan Sunset di Kebun bukan hanya tentang menikmati keindahan alam Kebun Raya dengan musik, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkenalkan Plant Hero. Program Plant Hero membawa pesan penting mengenai keberagaman flora Indonesia dan kebutuhan untuk melestarikannya. 

Baca juga: Wali Kota Ingin Kebun Raya Mangrove Surabaya Miliki Semua Jenis yang Ada di Indonesia

"Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan. Yang membedakan Sunset di Kebun dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema Intimate Music show with Green, Conservation and Culture Movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisi pun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya,” jelas Abi.

Pada 2023, Sunset di Kebun melangkah lebih jauh dengan menggelar pertunjukan tidak hanya di Kebun Raya Bogor, tetapi juga di Kebun Raya Bali, Purwodadi, dan Cibodas. Setiap acara ini memiliki fokus tersendiri dengan mengusung plant hero yang berbeda. Selain pertunjukan musik yang menghadirkan musisi lokal dan nasional, acara ini juga mencakup program edukasi dan kampanye konservasi di setiap lokasi penyelenggaraan.

Memasuki 2024, Sunset di Kebun semakin mengukuhkan eksistensinya sebagai agenda tahunan yang dinantikan. Dengan rencana penyelenggaraan delapan kali di empat Kebun Raya yang berbeda, acara ini akan mengambil dua fase. 

Baca juga: Penghujung Liburan, Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Cibodas

Fase pertama diawali dengan Sunset di Kebun di Kebun Raya Purwodadi pada tanggal 2-3 Maret 2024, dilanjutkan dengan Kebun Raya Bogor tanggal 27-28 April 2024, Kebun Raya Bali tanggal 25-26 Mei 2024, dan Kebun Raya Cibodas tanggal 29-30 Juni 2024. Informasi mengenai fase kedua akan diumumkan lebih lanjut.

Tidak hanya menghibur, Sunset di Kebun juga memiliki tujuan mendalam, yaitu meningkatkan jumlah pengunjung ke Kebun Raya dan mengajak generasi muda untuk mencintai alam serta berpartisipasi aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati Indonesia. Musik, lingkungan, dan pesan konservasi bersatu dalam acara ini, menciptakan pengalaman yang tak hanya memanjakan telinga, tetapi juga mendidik dan memotivasi masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi warisan alam Indonesia yang begitu berharga. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat