visitaaponce.com

Kemenkes Siapkan 2 Ribu Posko Pelayanan Kesehatan Jelang Libur Nataru

Kemenkes Siapkan 2 Ribu Posko Pelayanan Kesehatan Jelang Libur Nataru
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

KEMENTERIAN Kesehatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menyiapkan 2 ribu pos pelayanan kesehatan dan 15 ribu orang di titik-titik kritis jalur mudik.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan persiapan itu untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat diperkirakan ada 100 juta masyarakat yang melakukan pergerakan.

"Karena ini termasuk peningkatan yang luar biasa dibandingkan sebelumnya dan covid-19 juga sedang agak naik. Jadi kita sudah mempersiapkan diri dengan mendirikan lebih dari 2 ribu pos pelayanan dan ada 15 ribu orang yang kita siapkan di semua titik-titik yang kritis seperti di jalan tol, stasiun-stasiun kereta api, bandara-bandara udara, juga di pelabuhan-pelabuhan, tepat dimana terjadi pergerakan masif dari masyarakat kita," kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/12).

Baca juga: Kanker Serviks Ancaman Utama Kematian Wanita Indonesia

Sehingga diharapkan jika ada masalah kesehatan bisa merespons dengan baik, termasuk peningkatan covid-19 karena peningkatan kasus covid-19 hampir 2.800-an kasus per minggu. Meski masih di bawah level 1 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 56 ribu per minggu.

"Jadi sebenarnya masih relatif sedikit, tapi memang ada kenaikan yang cukup besar dalam beberapa minggu terakhir kita waspadai, dan subavarian JN.1 kali ini kan datangnya dari luar negeri. Varian JN.1 yang banyak juga terjadi di luar negeri," ungkapnya.

Baca juga: BNPB Minta Daerah Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Basah di Masa Nataru

Diketahui per hari ini kasus konfirmasi covid-19 mencapai 402 kasus baru dengan total kasus aktif mencapai 2.154 kasus. Sementara jumlah vaksin booster 1 baru 70 juta orang atau sekitar 39,08% dan vaksin booster 2 3,6 juta orang atau 2,01%. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat