visitaaponce.com

Lulusan Politeknik Sahid Jakarta Diharap Jadi Katalisator Pertumbuhan Pariwisata

Lulusan Politeknik Sahid Jakarta Diharap Jadi Katalisator Pertumbuhan Pariwisata
Acara Wisuda ke-38 TA 2022/2023 Politeknik Sahid yang diselenggarakan di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Jakarta.(Ist)

SEBAGAI kampus yang menciptakan orang-orang profesional di dunia pariwisata, Politeknik Sahid Jakarta sudah menyiapkan para lulusannya untuk menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan pengembangan sektor pariwisata. 

Pernyataan disampaikan Direktur Politeknik Sahid Assoc. Prof. Dr. Derinta Entas, S.E., M.M. dalam Sidang Terbuka Senat Politeknik Sahid, dan Wisuda ke-38 TA 2022/2023, Sarjana Terapan Pariwisata, Ahli Madya Pariwisata, dan Ahli Pratama Pariwisata, Jakarta, baru-baru ini di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Jakarta.

“Para lulusan tahun ini diharapkan dapat menjadi profesional yang unggul, mampu berdaya saing di dunia industri dan menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan pengembangan sektor pariwisata,” kata Prof. Dr. Derinta Entas, S.E., M.M. dalam keterangan pers, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga: Politeknik Sahid Kian Kukuhkan sebagai Pendidikan Tinggi Vokasi

 Politeknik Sahid merupakan perguruan tinggi vokasi yang bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, selanjutnya disebut Yayasan Sahid Jaya (YSJ).

Selama 40 tahun, Politeknik Sahid selalu berupaya menjadi Center of Excellence dalam mencetak tenaga profesional di bidang pariwisata yang berwawasan global. 

Sejalan dengan visi “Menjadikan Politeknik Sahid sebagai trend setter Pendidikan Tinggi Vokasi berbasis industri yang unggul, berbudaya, religius dan memiliki daya saing tingkat nasional dan internasional Tahun 2030”.

Event wisuda ke-38 ini merupakan bagian dari rangkaian Sidang Terbuka Senat Politeknik Sahid yang diadakan secara terbuka.

Wisuda ke-38 Politeknik Sahid kali ini mengusung kebudayaan Papua, dengan Tema “Kontribusi Entrepreneur Generasi Z dalam Menjawab Tantangan Pembangunan Pariwisata di Masa Depan”.

Baca juga: Lulusan Politeknik Sahid Siap Memajukan Parekraf Indonesia

Melalui tema tersebut, Politeknik Sahid siap membawa perubahan melalui pendekatan yang terintegrasi dengan kemampuannya yang fasih terhadap teknologi terkini sehingga menjadikan kekuatan yang mampu mendorong pembangunan pariwisata menuju masa depan yang berkelanjutan dan kolaboratif.

Sampai saat ini Politeknik Sahid telah meluluskan 38 angkatan yang memiliki kompetensi berdaya saing nasional maupun internasional namun tetap berbudaya dan religius, selaras dengan falsafah “Ilmu-Amal-Sholeh”. Pengakuan tersebut dapat dilihat dari capaian seluruh program studi yang telah berakreditasi A.

Lebih lanjut  Prof. Dr. Derinta Entas menilai bahwa peluang kerja bagi lulusan perguruan tinggi vokasi pariwisata di masa depan masih relevan di tengah perubahan kondisi ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Anak-anak Korban Gempa Cianjur Dapat Trauma Healing Politeknik Sahid

Pasalnya sektor pariwisata tetap menjadi salah satu sektor terpenting bagi Indonesia memiliki posisi strategis dalam peningkatan devisa negara, diimbangi dengan perkembangan ekonomi kreatif di sektor pariwisata yang kian berkembang. 

“Hal inilah yang membuat lulusan pariwisata selalu dicari dan banyak posisi berkaitan dengan sektor pariwisata membutuhkan tenaga profesional di dalamnya,” ujarnya. 

"Untuk mengantisipasi  persaingan di dunia luar, Politeknik Sahid  memiliki tagline “Earn While You Learn” telah menghasilkan lulusan yang terserap di industri sebanyak 99% sebagai profesional yang unggul pada bidangnya," jelas Prof.Derinta.

“Earn While You Learn” menjadi tagline Politeknik Sahid yang dimaknai dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk menggali ilmu di industri dan dalam waktu yang bersamaan dapat bekerja, sehingga ini memberikan jaminan kepada mahasiswa sebelum lulus sudah mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya," paparnya.

“Dengan menerapkan pendidikan yang terintegrasi dengan dunia industri melalui program magang dalam negeri maupun luar negeri," ujar Prof.Derinta.

Baca juga: Politeknik Sahid buka Program Baru Magister Pariwisata

"Program tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam industri, terlibat dalam proyek pengembangan bisnis yang menciptakan kreativitas dan inovasi,” tegasnya. 

Diketahui sebanyak 372 mahasiswa yang dilantik hari ini dan terdapat empatwisudawan meraih predikat sebagai “Lulusan Terbaik” mendapatkan beasiswa studi lanjut 100%.

Selain itu terdapat 15 wisudawan lulus dari program beasiswa yang disponsori Kemendikbudriistek melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Terdapat 13 wisudawan pada Prodi Sarjana Sains Terapan Pariwisata jurusan Pengelolaan Perhotelan dari Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Program Professional Faculty Member (PFM), yaitu program kolaborasi dengan IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Assosiation). (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat